Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pembelajaran bahasa Arab berbasis Youtube : Studi di channel Arab podcasts

Kisno Umbar (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Hanna Tiara Lestari (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Hikmad Karunia Suharso (UIN Syarif Hidayatullah jakarta)
Fardan Hanif Hafawah (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mendeskripsikan channel Arab Podcasts sebagai sumber pembelajaran bahasa Arab bagi pemula maupun pelajar perguruan tinggi. Di era serba bisa ini media merupakan yang paling banyak penggunanya, salah satu media yang digunakan ialah youtube. Media youtube bisa digunakan untuk hiburan, podcast maupun pembelajaran dengan banyak fitur serta pencarian yang cepat dan sesuai dengan keinginan. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif deskripsi dengan sumber dari jurnal ilmiah, buku, vidio youtube dan artikel. Dari sumber vidio youtube peneliti mengambil 3 judul dari channel Arab Podcasts yaitu (1) “Bahasa Arab dari nol 1 isim isyaroh kata tunjuk di bahasa Arab untuk pemula” (2) “bahasa arab dari nol 2 bertanya apa ini? Apakah ini? Dalam bahasa arab” (3) “belajar bahasa Arab 3, 10 kata tanya isim istifham untuk pemula”. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang deskripsi yang ada pada channel Arab podcasts, kelebihan dan kekurangan serta pengaruh penonton terhadap konten vidionya. Kata Kunci: Arab Podcast, Youtube, bahasa Arab, Pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...