Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Problematika Retribusi Parkir Di Kota Medan Berdasarkan (Peraturan Wali Kota Medan Nomor 50 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perparkiran)

Mhd Dedi Hamonangan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Irwansyah Irwansyah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Permasalahan perparkiran di Kota Medan menimbulkan masalah kerukunan dan ketertiban dalam masyarakat antara JUKIR dengan penerima retribusi parkir, diantara permasalahan yang terjadi adalah kurang rapinya penataan parkir sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas, JUKIR yang tidak ramah, dan tidak sedikit dijumpai adanya parkir illegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika parkir di kota Medan dan upaya apa yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris yang merupakan metode penelitian hukum yang menggunakan fakta-fakta empiris yang di ambil secara langsung dari objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kendaraan yang tidak tersusun dengan rapi karena akibat dari kurangnya ruang parkir dan kurangnya pengaturan dari JUKIR pada lokasi parkir tertentu, kurangnya pengawasan terhadap parkir ilegal, dan kurang responsifnya JUKIR kepada pemilik kendaraan. Dengan demikian hendaknya pemerintah menyediakan pelatihan kepada JUKIR tentang penataan kendaraan yang baik dan benar, kepada penegak hukum agar lebih tegas untuk menertibkan parkir ilegal, dan masyarakat menaati peraturan yang berlaku dengan menghargai jasa parkir yang resmi, serta membuat laman online resmi sebagai tempat pengaduan masyarakat jika menemui permasalahan parkir yang menyulitkan masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...