Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Gugus VII Kecamatan Buleleng

Berliana Febriyanti (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Suarjana (Universitas Pendidikan Ganesha)
Gede Wira Bayu (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti dampak dari penggunaan model pembelajaran project based learning dengan bantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika pada kelas V di SD Gugus VII Kecamatan Buleleng. Penelitian ini menggunakan desain Eksperimen Semua dengan rancangan Non-equivalent post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V di SD Gugus VII Kecamatan Buleleng yang terdiri dari 8 kelas di 8 sekolah. Sampel dipilih menggunakan cluster random sampling, dengan memilih 2 kelas dari 8 kelas yang ada. Salah satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen yang menerima model pembelajaran project based learning dengan bantuan tutor sebaya, sementara kelas lainnya menjadi kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional tanpa perlakuan khusus. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar matematika siswa, yang diukur melalui tes yang terdiri dari 10 soal uraian. Rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran project based learning dengan bantuan tutor sebaya adalah 7,5, yang lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu 3,02. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5,03, sedangkan ttabel pada tingkat signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) sebesar 56 adalah 1,673. Karena thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan model pembelajaran project based learning dengan bantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika pada kelas V di SD Gugus VII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...