Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implementasi Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

Qurratul A’yuni AM (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Rohimin Rohimin (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Nurlalili Nurlalili (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan komunitas masyarakat majemuk dan multikultural terbesar di dunia, hal tersebut dapat dilihat dari kondisi sosio-kultural maupun geografis yang begitu beragam dan luas. Perbedaan adat istiadat, budaya, bahasa dan minimnya sikap saling menghargai satu sama lain memicu terjadinya konflik dalam lingkungan pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, praktik serta faktor penghambat dan pendukung praktik pembelajaran Pendidikan Islam Multikultural di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1. Perencanaan pembelajaran pendidikan Islam multikultural di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi sudah terintegrasi dalam silabus dan terdapat penekanan pada pemahaman terhadap nilai-nilai multikultural dalam konteks Islam, 2. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Islam Multikultural di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan, dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di kelas dan melalui kegiatan di luar kelas. Diantaranya melalui pengajian kitab, tidak membeda-bedakan santri, memberi keteladanan, melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, kegiatan hari-hari besar Islam dan kegiatan yang bersifat sosial, 3. Evaluasi pembelajaran pendidikan Islam multikultural di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan dilakukan langsung oleh kepala MDTW dengan melihat silabus yang digunakan oleh para asatidz dan kitab yang digunakan, serta dengan melihat seberapa tercapainya metode pembelajaran yang digunakan oleh para ustadzah untuk menyampaikan dan menanamkan nilai-nilai multikultural dalam diri santri. Nilai-nilai yang tertananam dalam diri santri, yaitu sikap saling toleransi, saling tolong menolong, mampu hidup dalam kebersamaan, dan memiliki rasa persaudaraan terhadap sesama. 4. Faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan Islam berbasiskan multikultural di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan yaitu: a) Adanya kerjasama pendidik, tenaga kependidikan dan orang tua; b) Adanya kerjasama dengan instansi lain. Sementara faktor-faktor penghambatnya, yaitu: a) Adanya pemahaman tertentu yang telah mendarah daging bagi siswa dan keluarga untuk mengasingkan diri dari masyarakat; b) Kurangnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia khususnya tenaga pendidik yang memahami betul tentang konsep pendidikan Islam berbasiskan multikultural; c) Kurangnya sosialisasi yang memadai dari pihak madrasah akan pentingnya pendidikan Islam berbasis multikultural bagi siswa maupun kepada masyarakat umumnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...