Jurnal Cahaya Mandalika
Vol. 3 No. 2: Jurnal Cahaya Mandalika

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBERHASILAN PENGOBATAN PADA PASIEN TB DEWASA DI PUSKESMAS KECAMATAN TAPOS KOTA DEPOK TAHUN 2020-2022 (ANALISIS DATA SITB)

Rizky Andriani Alimy (Program Studi Magister Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia)
Sudarto Ronoatmodjo (Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2023

Abstract

Tuberkulosis (TB) masih menjadi masalah kesehatan di dunia. Dengan pengobatan yang benar, sekitar 85% penderita TB akan sembuh. Keberhasilan pengobatan TB dipengaruhi oleh faktor sosiodemografi, riwayat pengobatan, penyakit penyerta, akses ke fasilitas kesehatan serta dukungan sosial. Kota Depok memiliki angka keberhasilan pengobatan TB sebesar 84,84% pada tahun 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan keberhasilan pengobatan TB pada 6 puskesmas di kecamatan Tapos Kota Depok tahun 2020-2022. Penelitian ini menggunakan desain Crosssectional menggunakan data sekunder dari Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB) Puskesmas. Sampel diambil dari populasi eligible yang memenuhi kriteria inklusi dan eklusi sebanyak 499 orang. Kriteria inklusi adalah pasien TB paru usia ≥ 15 tahun dan terdapat hasil pengobatan sedangkan kriteria eksklusi adalah data tidak lengkap. Penentuan sampel menggunakan total sampling. Keberhasilan pengobatan menjadi variabel terikat dan variabel bebas yaitu usia, jenis kelamin, status pekerjaan, pemeriksaan kontak, tipe diagnosa, riwayat pengobatan dan riwayat DM. Hasil menunjukkan keberhasilan pengobatan pasien TB paru dewasa sebesar 89.58%. Pada analisis hubungan menunjukkan tidak terdapat faktor yang berhubungan secara bermakna dengan keberhasilan pengobatan TB. Namun, faktor usia dan riwayat pengobatan masih dipertimbangkan. Pasien TB dewasa muda memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mengalami keberhasilan pengobatan dibandingkan pasien yang lebih tua. Pasien TB paru dewasa dengan riwayat pengobatan baru memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalami keberhasilan pengobatan dibandingkan dengan pasien dengan riwayat pengobatan lama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other ...