Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi dan menciptakan suasana kelas agar tetap kondusif dan untuk menghindari kemungkinan terjadinya permasalahan yang muncul dalam kelas, diperlukan keterampilan guru dalam menerapkan strategi pengelolaan kelas yang kondusif melalui pengembangan media papan tebak gambar pada teks deskripsi siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Sebanyak 15 siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 8 Dau menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi dan angket respon siswa. Hasil validitas media pembelajaran Papan Tebak Gambar Pada Teks Deskripsi dinyatakan valid setelah dilakukan review oleh ahli media dan materi dengan presentase tingkat pencapaian hasil dari ahli media yaitu sebesar 80% dan presentase tingkat pencapaian hasil dari ahli materi yaitu sebesar 96% dengan kategori layak. Dilakukan uji coba lapangan untuk mengetahui tingkat keterterapan dan kemenarikan media pembelajaran, dengan hasil presentase tingkat pencapaian sebesar 96% dengan kategori sangat baik.
Copyrights © 2023