ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran e-learning berbasis edmodo dengan kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran e-learning berbasis google class room. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain post test-only control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen sedangkan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengujian normalitas data menggunakan uji statistik chi-kuadrat untuk pasangan hipotesis nol H0 dan tandingannya H1 dengan taraf signifikan a = 0.05. Hasil pengujian normalitas tes hasil belajar menunjukkan bahwa x2hitung ≤ x2daftar yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 8.000 ≤ 11.070 dan untuk kelas kontrol sebesar 6.854 ≤ 11.070. Data hasil peneltian ini menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut berdistribusi normal berdasarkan pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar peserta didik dengan menggunakan statistic uji t maka hasil pengujian hipotesis didapatkan thitung > ttabel yaitu thitung 2.36 dan ttabel 2.00. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran e-learning berbasis edmodo dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran e-learning berbasis google class room mata pelajaran geografi.
Copyrights © 2023