Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2023): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Hypothetical Learning Trajectory Penalaran Matematis pada Materi Statistika SMP

Risnanosanti Risnanosanti (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Anjas Agus Prasetyo (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Mardiah Syofiana (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2023

Abstract

Dibutuhkan lebih dari sekedar memberi tugas dan pekerjaan rumah untuk mengajar matematika. Hipotesis lintasan belajar atau disebut dengan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ternyata penting untuk mengantisipasi hambatan yang dihadapi siswa dalam kegiatan pembelajaran karena lintasan belajar yang dilalui setiap siswa akan memprediksi yang akan dilakukan oleh siswa serta penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan hipotesis lintasan belajar pada materi statistika. Penelitian ini melibatkan siswa SMPN 11 Kota Bengkulu dan setiap tahapan penelitian siswa akan berbeda. Pengumpulan data diperoleh dari Lembar Kerja Siswa (LKS), wawancara, observasi, serta pendapat para ahli. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk menyusun HLT. Hipotesis  lintasan belajar diimplementasikan di SMPN 11 Kota Bengkulu. Hasil implementasi menunjukkan bahwa hipotesis lintasan belajar yang dibuat sesuai dengan prediksi peneliti dan dapat meminimalisir learning obstacle yang dialami siswa dan dapat mengoptimalkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...