LOKABASA
Vol 14, No 1 (2023): April 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share terhadap Hasil Membaca Artikel Seni Budaya Sunda di SMP Kelas VIII

Herlina Herlina (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Opah Ropiah (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share terhadap hasil membaca artikel seni budaya Sunda di SMP kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, terutama untuk menghitung hasil membaca artikel dengan cara meneliti secara langsung sumber yang akan dijadikan isi dalam sebuah artikel. Hasilnya  bahwa membaca artikel budaya Sunda sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share pada pretest kelas eksperimen nilai terbesar adalah 41 sedangkan nilai terkecil adalah 22 dan nilai rata-ratanya adalah 30,54. Nilai pretest tertinggi kelas kontrol adalah 42 sedangkan nilai terendah adalah 25 dan nilai rata-rata kelas adalah 32,50. Hasil setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share nilai posttest kelas kontrol terbesar adalah 90 sedangkan yang terkecil adalah 55 dengan rata-rata nilai 73.35. Nilai posttest kelas eksperimen terbesar adalah 81 sedangkan nilai terkecil adalah 40 dan nilai rata-ratanya adalah 58,15. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,05. Diterima, artinya ada pengaruh penerapan model kooperatif Think-Pair-Share terhadap hasil membaca artikel budaya Sunda.

Copyrights © 2023