Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 11, No 1 (2023)

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH DARUL FALAH BENER MERIAH

Sari Kartika (IAIN Lhokseumawe)
Nurhayati Nurhayati (IAIN Lhokseumawe)
Fauzan Ahmad Siregar (IAIN Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu madrasah serta mendeskripsikan dampak manajemen pendidikan karakter terhadap peningkatan mutu madrasah di madrasah diniyah takmiliyah awaliyah (MDTA) Darul Falah Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Bener Meriah. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer melalui kepala madrasah diniyah takmiliyah, wakil kepala madrasah, guru, orang tua santri di lingkungan madrasah, dan data sekunder yaitu data dalam kajian atau dokumen madrasah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif (interactive of analysis) dengan menggunakan model Miles and Huberman meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Perencanaan manajemen pendidikan karakter diawali dengan rapat perencanaan program pada awal tahun yang melibatkan semua komponen madrasah (2) Pengorganisasian dilaksanakan berdasarkan surat keputusan dari ketua yayasan kepada seluruh komponen madrasah, dengan memperhatikan jenis kegiatan, tempat kegiatan, waktu kegiatan, alasan kegiatan harus dilaksanakan, dan bagaimana pelaksanaanya. (3) Pelaksanaan Pendidikan karakter dilaksanakan secara integratif oleh seluruh komponen madrasah dengan menanamkan karakter pada aturan yang ditetapkan dalam tata tertib madrasah, yang diharapkan dapat diterapkan di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah. Begitu juga dengan pelaksanaan program mingguan bulanan dan tahunan semuanya dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan dimana semua jadwal sudah tersusun rapi dan ada yang penanggung jawab masing-masing. (4) Pengawasan dilakukan oleh pengawas internal dan eksternal, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing serta sesuai dengan instrumen pengawasan kegiatan baik instrumen monitoring dan evaluasi. Dampak manajemen pendidikan karakter tersebut dapat meningkatkan mutu madrasah melalui prestasi santri baik dalam bidang akademik maupun non akademik serta mendapatkan dukungan penuh dari wali santri.ademik maupun non akademik serta mendapatkan dukungan penuh dari wali santri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...