Bot adalah sejenis agen interaktif, program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan cerdas dengan satu atau lebih pengguna manusia melalui pengenalan ucapan dan antarmuka obrolan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan chat bot di SPBU 44.501.01 yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menanyakan profil, fasilitas, layanan, harga BBM dan hal-hal lain terkait SPBU 44.501.01 menggunakan API telegram bot. Metode yang digunakan untuk chat bot di SPBU 44.501.01 menggunakan polling panjang yang dibuat dengan BotFather dan bahasa pemrograman Python. Proses pelayanan dapat berjalan lebih baik dan lebih cepat jika didukung oleh penerapan teknologi informasi pendukung. Penggunaan Telegram bot sebagai bentuk variasi dalam memberikan layanan kepada pengguna memberikan kemudahan dan optimalisasi bagi pengguna karena peran SPBU 44.501.01 dalam menjawab pesan atau pertanyaan dapat digantikan melalui telegram. Pembuatan bot telegram dengan metode long polling dapat diimplementasikan dengan baik di SPBU 44.501.01.
Copyrights © 2023