BIOSFER : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol. 8 No. 1 (2023): BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi

Pengembangan Asesmen Autentik Dengan Menggunakan Metode Jigsaw Untuk Mengukur Kemampuan Kolaboratif Dan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi

Eliaumra (Sintuwu Maroso University)
Sumarno A.Hulinggi (Universitas Sintuwu Maroso)
Dewi Purwasih Samaela (Universitas Sintuwu Maroso)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan utama pembelajaran abad 21 adalah menghasilkan generasi yang memiliki keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, berkomunikasi, kreatif, inovatif dan mampu berkolaborasi. Untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas tersebut, maka dibutuhkan tenaga pendidik yang siap mengajar dan mendidik melalui pembelajaran abad 21 yang relevan dengan perkembangan era revolusi industri 4.0. Keterampilan kolaboratif dan berpikir kritis dapat diukur melalui asesmen autentik yang mampu mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi era tersebut. Asesmen autentik adalah suatu bentuk penilaian yang meminta peserta didik untuk menunjukkan kinerja dalam konteks dunia nyata yang menunjukkan aplikasi bermakna dari penerapan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan asesmen autentik dengan menggunakan metode jigsaw untuk mengukur kemampuan kolaboratif dan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development). Model yang digunakan adalah model ADDIE yaitu analisis, desain, mengembangkan, implementasi dan evaluasi. Sampel penelitian ini mahasiswa semester VII yang berjumlah 20 orang yang diambil secara purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif statistik. Hasil penelitian telah diperoleh produk asesmen autentik berupa lembar observasi kemampuan kolaborasi dan tes kemampuan berpikir kritris melalui metode jigsaw. Asesmen yang dihasilkan telah dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan hasil validasi ahli dan validasi lapangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biosfer

Publisher

Subject

Education

Description

BIOSFER adalah jurnal atau terbitan berkala ilmiah yang berfungsi sebagai media publikasi gagasan, kajian dan hasil penelitian bermutu terkait biologi dan pendidikan biologi guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam bidang biologi. Sesuai dengan arti Biosfer yaitu bagian luar dari ...