Premiere Educandum
Vol 1, No 2 (2011)

IMPLEMENTASI KEGIATAN OUTBOUND DALAM UPAYA PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI

SUSARI, HERMAWATI DWI (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2015

Abstract

Sebagai makhluk sosial, sifat egosentrisme yang menjadi karakteristrik anak usia TK perlu mendapatkan rangsangan dan bimbingan agar tidak menghambat proses sosialisasi anak di masyarakat pada masa yang akan datang. Dalam kaitannya dengan usaha tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menjajagi penggunaan kegiatan outbound sebagai sarana untuk pembentukan perilaku sosial-emosional pada anak usia dini. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku sosial dan emosional anak usia dini di TK pada Sekolah Alam Bandung relatif telah berkembang dengan baik. Kondisi emosional anak juga menunjukkan kemampuan untuk mengenali dan memahami perasaan yang dialami, tetapi belum mampu untuk mengontrol emosinya tersebut. Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan telah tepat meskipun masih perlu adanya beberapa perbaikan. Permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru dalam melakukan fungsinya sebagai pendidik anak usia dini dan fasilitator outbound. Tampak adanya pengaruh kegiatan outbound terhadap upaya pembentukan perilaku sosial dan emosional anak usia dini meskipun kurang signifikan. Berdasarkan temuan tersebut maka direkomendasikan mengenai pentingnya peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan outbound dalam upaya pembentukan perilaku sosial dan emosional pada anak usia dini di masa mendatang.Kata kunci : Kegiatan Outbound, Pembentukan Perilaku Sosial dan Emosional, Anak Usia Dini

Copyrights © 2011