Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kombinasi (mixed method). Penelitian ini dilakukan di UPT SMPN 4 Pinrang dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran PAI dan siswa kelas VIII 2. Metode pengumpulan data menggunaakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis deskriptif presentase, analisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan saat observasi langsung. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: 1) Efektivitas teknik ice breaking terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII 2 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 4 Pinrang dikategorikan efektif. Hal ini dibuktikan dengan rekapitulasi angket untuk mengukur keefektifan teknik ice breaking terhadap motivasi belajar mencapai 83,2%. Maka teknik ice breaking tersebut dapat dikatakan efektif sesuai dengan tabel kriteria efektif karena mencapai frekuensi 81%-100%. 2) Faktor pendukung dan penghambat Efektivitas teknik ice breaking terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII 2 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 4 Pinrang yaitu, faktor pendukung berupa semangat dan minat belajar, kekreatifan guru dan lingkungan belajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dan keadaan fisik dan psikis peserta didik.
Copyrights © 2023