Jurnal Aksioma Ad Diniyah : The Indonesian Journal of Islamic Studies
Vol 11, No 1 (2023)

Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Arsy Education Rangkasbitung Lebak-Banten

Pupu Mahpudin (STAI La Tansa Mashiro)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di LKP Arsy. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui Mengapa Metode Sorogan digunakan di LKP Arsy Education Rangkasbitung Lebak-Banten 2) untuk mengetahui Pelaksanaan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran siswa di LKP Arsy Education Rangkasbitung Lebak-Banten 3) untuk mengetahui faktor penghambat Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran siswa di LKP Arsy Education Rangkasbitung Lebak-Banten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian adalah Alasan metode sorogan digunakan di LKP Arsy Education karena metode sorogan ini efektif dan tepat digunakan metode sorogan memudahkan anak untuk mampu membaca Al-Qur’an dengan cepat, baik dan benar, bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan hukum-hukum tajwidnya, makhorijul hurufnya dan kefasihannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAD

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah ini dikelola Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI La Tansa Mashiro Rangkasbitung, Lebak, Banten. Jurnal ini merupakan perubahan dari Jurnal Al-Hadloroh (ISSN 2067-5606). Sejak Volume 1 Nomor 1 Maret 2013, sebagai terbitan perdana, berkala ini berganti nama ...