Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No. 2, Desember 2022

Pengembangan Filter Instagram Tebak Rukun Islam Menggunakan Aplikasi Spark AR Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Nurul Khoiriyah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Arif Setiawan (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Filter merupakan   sebuah   fitur   yang   menyediakan   dan menggabungkan beberapa fitur-fitur tertentu yang dapat diakses oleh pengguna atau semua orang. Bentuk dari filter ini biasanya ditampilkan dalam bentuk kuis, foto, video, atau jenis-jenis lainnya. Adanya pembuatan filter yang berbentuk kuis atau tebak-tebakan ini guna untuk memperlancar proses belajar mengajar terhadap peserta didik. Dalam pembuatan filter tersebut biasanya hasil kuis tersebut di uji kepada peserta didik. Macam-macam filter memiliki beberapa macam fitur-fitur yang sangat berbeda-beda. Salah satunya yaitu kuis tebak rukun Islam. Sehingga filter adalah sebuah fitur yang disusun dan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman serta dapat diakses dari manapun dan kapanpun dengan pengguna yang bisa dibatasi atau dengan tanpa batas (siapapun bisa mengakses). Kuis aplikasi rukun Islam yaitu soal-soal yang berbentuk kuis mengenai bab tentang rukun Islam. Dalam pembuatan kuis tebak rukun Islam berfungsi untuk mempermudah dalam pelajaran agama Islam pada bab rukun Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bppp

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: 1. Penyusunan perangkat pembelajaran; 2. Pengembangan perangkat pembelajaran; 3. Implementasi perangkat pembelajaran; 4. Inovasi pembelajaran; 5. Pengenalan model-model pembelajaran; 6. Asistensi guru mengajar; ...