Jurnal Kemaritiman: Indonesian Journal of Maritime
Vol 4, No 1 (2023): Juni 2023

PENAMBAHAN PAKAN BUATAN TEPUNG DAUN MANGROVE API-API (Avicennia marina) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy)

Fitriyana Dewi Astinisa (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mad Rudi (Unknown)
Ferry Dwi Cahyadi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Ikan gurami (Osphronemus gouramy) saat ini terus dikembangkan guna meningkatkan produksi perikanan budidaya, ikan gurami merupakan jenis ikan herbivora asli Indonesia yang banyak digemari, ekonomis dan mempunyai banyak keunggulan antara lain pertumbuhan cepat, tahan penyakit serta toleran terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pakan dengan dosis penambahan tepung daun mangrove api-api yang berbeda terhadap pertumbuhan pada ikan guram. Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan acak lengkap, dengan 3 perlakuan 3 kali ulangan dan menggunakan 10 ekor ikan pada setiap ulangan. Variabel laju pertumbuhan bobot spesifik dan variabel kelangsungan hidup di dapatkan hasil yang terbaik pada perlakuan P2 (50% tepung daun mangrove api-api + 50% pakan komersil), pada variabel bobot spesifik di dapatkan hasil terbaik pada perlakuan P3 (75% tepung daun mangrove api-api + pakan komersil 25%). Sedangkan untuk variabel pendukung lainnya seperti panjang mutlak di dapatkan hasil terbaik pada perlakuan P2 (50% tepung daun mangrove api- api + 50% pakan komersil), dan variabel pakan habis makan (FCR) terdapat hasil terbaik pada perlakuan P1 dengan dosis (25% tepung daun mangrove api-api + 75% pakan komersil) dengan parameter pendukung kualitas air yang baik dan sesuai dengan standar ikan budidaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kemaritiman

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Earth & Planetary Sciences

Description

JURNAL KEMARITIMAN: INDONESIAN JOURNAL OF MARITIM merupakan jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitan dalam ruang lingkup kemaritiman yang terdiri dari: Ilmu Kelautan, Teknologi Kelautan, Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknik Sistem ...