Ilmu Alamiah Dasar adalah salah satu mata kuliah umum di prodi selain MIPA, dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi digital yang baik karena ruang lingkup materi pada mata kuliah ini mencakup tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat literasi digital mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Budidaya Binjai pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu seluruh mahasiswa semester dua prodi pendidikan Bahasa Inggris tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 30 mahasiswa . Teknik pengumpulan data menggunakan angket literasi digital yang terdiri dari 8 aspek indikator literasi digital yang dihubungkan dengan materi IPTEK pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Angket diberikan kepada mahasiswa setelah selesai pembelajaran materi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung tingkat capaian responden (TCR) dan diperoleh hasil penelitian tingkat literasi digital mahasiswa berada pada kategori sedang dengan persentase rata – rata untuk keseluruhan aspek literasi digital yitu senilai 45,5%. Dimana aspek literasi digital tertinggi diperoleh pada aspek Creativity sebesar 54,5% dengan kategori sedang dan terendah pada aspek Cultural and Social Understanding sebesar 35%.
Copyrights © 2023