Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN 2 Sentolo Tahun 2022/2023

Nuri Rohmawati (Universitas Ahmad Dahlan)
Vera Yuli Erviana (Universitas Ahmad Dahlan)
Wahyu Suryani (SD Negeri 2 Sentolo)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang peneliti temui di kelas I SDN 2 Sentolo yakni berdasarkan pretest yang telah dilakukan ditemukan bahwa terdapat 60% siswa masih kesulitan dalam membaca dan berdasarkan praktik mengajar terbimbing ditemukan bahwa proses pembelajaran berlangsung kurang kondusif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode SAS di kelas I SD Negeri 2 Sentolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTK-K). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, tes dan dokumentasi.  Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui metode SAS dapat meningkatkan ketrampilan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 2 Sentolo dari pra tindakan, siklus I dan siklus II, data awal presentase kelulusan klasikal sebesar 40% atau 10 peserta didik, siklus I sebesar 72%, dan siklus II sebesar 92%. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I di SD Negeri 2 Sentolo meningkat dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...