Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Materi Daily Activites Melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas IVA SDN 1 Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023

Nur Ulil Absoriah (Sebelas Maret University)
Ngatman Ngatman (Unknown)
Tri Saptuti Susiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris materi daily activities pada siswa kelas IVA SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023 melalui media flashcard. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah  guru  dan siswa kelas IVA SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023. Data yang dianalisis berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penilaian keterampilan berbicara bahasa Inggris pada siklus I sebesar 67,5%, siklus II sebesar 81,66%, dan siklus III sebesar 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris materi daily activities pada siswa kelas IVA SDN 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...