NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni

Integrasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi siswa di indonesia

Ipah Budi Minarti (Prodi Pendidikan Biologi, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang)
Atip Nurwahyunani (Program Studi Pendidikan Bioloi, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang)
Silvi Aifiyyatul Fajriyah (Prodi Pendidikan Biologi, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang)
Siti Dzakiyatus Sholekhah (Prodi Pendidikan Biologi, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang)
Via Valenta Kafita Ardian (Prodi Pendidikan Biologi, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang)
Safira Asanu Lestari (Prodi Pendidikan Biologi, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang)
Danu Handrian Firdaus (Prodi Pendidikan Biologi, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat integrasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa di Indonesia. Metode yang digunakan adalah Literature review, dimana dilakukan pencarian literatur melalui database jurnal dan artikel online. Data dikumpulkan dari Google Scholar dengan kata kunci "Problem Based Learning, Hasil belajar, dan Motivasi" dalam periode 2013-2023. Setelah itu, dilakukan seleksi naskah untuk mengidentifikasi artikel dan jurnal yang relevan, serta dilakukan analisis konten kualitatif terhadap materi yang ditemukan. Dari 10 artikel yang berhasil ditemukan, terdapat beberapa informasi penting. Pertama, penggunaan model PBL terbukti meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari adanya peningkatan nilai atau persentase setelah penerapan PBL. Kedua, penggunaan model PBL juga memberikan dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, karena melibatkan siswa dalam kolaborasi dan kerja tim, sehingga tercipta interaksi sosial dan dukungan di antara anggota kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL memiliki potensi dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa di Indonesia. Oleh karena itu, integrasi model PBL dalam konteks pendidikan di Indonesia perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut agar dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa di Indonesia

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Numbers (Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam) is an-Opened Access journal which contains the results of research and literature studies and published four times a year every January, April, July, November. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) ...