Islamic Education
Vol. 3 No. 1 (2023)

Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Tahfizhil Quran

Retno Kaldianus (Universitas Islam Sumatera Utara)
Pulung Sumantri (Universitas Islam Sumatera Utara)
Aditya Darma (Madrsah Aliyah Tahfizhil Quran)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penanamam kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah, menganalisis bagaimana pemahaman siswa di Madrasah Aliyah Tahfizhil Quran terhadap pembelajaran sejarah, dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan kearifan lokal pada siswa di Madrsah Aliyah Tahfizhil Quran. Penanaman kearifan lokal penting diterapkan sebagai sarana bagi peserta didik untuk mencintai budaya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan lebih lanjut penyebab dari aspek sosial tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis interaksi yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penanaman kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah guru hanya mengembangkan sendiri pembelajaran yang berkaitan dengan kebudayaan daerah. Penanaman kearifan lokal cenderung pada kegiatan sekolah diluar pembelajaran 2) implementasi nilai-nilai kearifan lokal yang dilakukan oleh peserta didik sudah berjalan dengan baik. Nilai-nilai kearifan lokal meliputi etika, estetika, religius, dan sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IE

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Education is a peer-reviewed journal published by the Medan Resource Center. The journal aims to publish scientific articles covering various topics in the field of Islamic Education, including history, pedagogy, Islamic studies, Teaching & Learning in Islam, Philosophy of Education in ...