Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol. 8 No. 3 (2022): Vol. 8 No. 3 September 2022

Meningkatkan Keterampilan Kognitif dan Kreativitas Anak Usia Dini: Enhancement of Early Childhood Cognitive Skills and Creativity

Purwati Purwati (Unknown)
Anisa Tahira (Unknown)
Salsa Nurkhaliza (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Guru adalah seorang pengajar dan merupakan sosok pemimpin pembelajaran serta memegang peran penting dalam keseluruhan proses pembelajaran. Sebagai pemimpin pembelajaran ia mempunyai tanggugjawab penuh atas keberadaan pembelajaran yang dilakukan Salah satu cara mendidik anak yaitu dengan mengembangkan kreativitas anak. Oleh karena itu, tujuan Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kepustakaan, dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah dari berbagai sumber literature seperti artikel yang berkaitan dengan topik bahasan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu upaya meningkatkan keterampilan kognitif dan kreativitas anak dapat dilakukan guru melalui bermain,membacakan cerita, tanya jawab, menyiapkan sarana, menciptakan ruangan kondusif dan mengapresiasi anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...