Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol. 9 No. 1 (2023): Vol. 9 No. 1 Januari 2023

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENELITIAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN VOSVIEWER DI DATABASE GOOGLE SCHOLAR TAHUN 2020-2022

Azwa Laila (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa perkembangan penelitian yang membahas discovery learning. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan: (1) peta perkembangan jumlah publikasi yang meneliti discovery learning; (2) mengetahui artikel ilmiah mana yang memiliki jumlah kutipan tertinggi: (3) mengetahui peta perkembangan publikasi ilmiah berdasarkan kata kunci. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel ilmiah dalam database google scholar dengan kata kunci discovery learning, dengan kategori judul artikel, abstrak, kata kunci dalam kisaran 2020-2022. Hasil pencarian menunjukkan bahwa ada 200 artikel ilmiah yang cocok dengan kata kunci berdasarkan aplikasi Harzing's Publish or Perish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian tentang microlearning pada tahun 2020–2022 yang merupakan yang tertinggi dalam database google schoolar terjadi pada tahun 2020 yang mencapai 114 publikasi. Sementara itu, publikasi yang memiliki jumlah kutipan tertinggi adalah (Susmiati, 2020) yang dikutip 103 kali. Peta perkembangan publikasi ilmiah berdasarkan kata kunci discovery Learning yang dianalisis menggunakan aplikasi VOSViewer menunjukkan bahwa peta penelitian dibagi menjadi 4 cluster. Keywords: Discovery Learning,Learning,VOSViewer.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...