Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol. 9 No. 1 (2023): Vol. 9 No. 1 Januari 2023

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC ) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Hemilda Sridarmini (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang)
Mufarizuddin Mufarizuddin (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang)
Rizki Ananda (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 007 Pulau Tinggi, tepatnya pada materi Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya membaca pemahaman siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang, 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penerapannya dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui adanya peningkatan dalam kemampuan membaca pemahaman siswa hanya 45% dengan kategori kurang. Dalam melaksanakan siklus 1 pertemuan 1, ketuntasan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 70% dengan kategori cukup. Pada siklus 1 pertemuan 2 hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 75% dengan kategori cukup. Pada siklus 2 pertemuan 1 hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 80% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 2 hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 90% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...