Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol. 9 No. 2 (2023): Vol. 9 No. 2 Mei 2023

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Widya Lestari (Universitas Terbuka)
Nursiam Nursiam (Universitas Terbuka)
Chandra Chandra (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan dua siklus dan terbagi dalam empat tahap kegiatan di setiap siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian memperoleh hasil bahwa penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika memberikan dampak sangat besar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini nampak pada peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran yang dapat dikategorikan aktif atau sangat baik. Hasil belajar klasikal mengalami peningkatan signifikan sehingga dapat menjadi salah satu alternatif pilihan untuk meningkatkan hasil belajar siswa jika didapatkan kesulitan belajar pada materi matematika. Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...