Jurnal Real Riset
Vol 5, No 2 (2023): Juni 2023

PENERAPAN METODE FUZZY SERVQUAL DALAM MENGUKUR KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA RUMAH SAKIT CITRA HUSADA SIGLI BERBASIS WEB

Muhajir Ab (Fakultas teknik, Universitas Jabal Ghafur)
Cut Lilis Setiawati (Fakultas Teknik, Universitas Jabal Ghafur)
Yuswardi Yuswardi (Fakultas Teknik, Universitas Jabal Ghafur)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2023

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan faktor utama yang harus ditingkatkan bagi setiap instansi karena berperan penting dalam membentuk kepuasan pasien. Pelayanan dapat dikatakan berkualitas apabila jasa atau produk yang dirasakan oleh pasien sama atau melebihi harapan pasien. Penelitian ini dilakukan di RSU Citra Husada Sigli, berdasarkan data keluhan pasien akhir-akhir ini menunjukkan ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di RSU Citra Husada Sigli dan sulitnya instansi dalam mencapai pelayaan terbaik. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode fuzzy dengan pendekatan servqual agar dapat mengetahui tingkat pelayanan pada RSU Citra Husada Sigli dengan menghitung nilai gap antara persepsi dan harapan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur kepuasan pasien terhadap kualitas layanan pada Rumah Sakit Citra Husada Sigli dan bermanfaat dalam memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada pasien.Kata Kunci:  RSU  Citra  Husada  Sigli,  Kualitas  Pelayanan,  Kepuasan  Pasien,  Fuzzy Servqual

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Real Riset (JRR) eISSN 2774-7263, pISSN 2685-1024, merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur dan peneliti lainnya diberbagai bidang ke ilmuan yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta ...