Early Childhood Research and Practice
Vol 4 No 01 (2023): Early Child Research and Practice, Juli

Peningkatan Perkembangan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Memlalui Permainan Mencetak Huruf Dengan Pasir Kinetik Dan Flash Card

Tanjung, Mega Surya Juliani (Unknown)
Imran, Ranny Fitria (Unknown)
Nurwita, Syisva (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui kegiatan permainan mencetak huruf dengan pasi kinetic dan flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak pada PAUD Putri Gading Kota Bengkulu. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada anak kelompok B yang berjumlah 15 anak di PAUD Putri Gading Kota Bengkulu. Hasil peningkatan membaca permulaan anak pada siklus I sebesar 67% dengan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Pada siklus II sudah mengalami peningkatan sebesar 80% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB). Simpulan penelitian bahwa melalui permainan mencetak huruf dengan pasir kinetik dan flash card pada anak kelompok B di PAUD Putri Gading Kota Bengkulu, Dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada nak kelompok B melalui permainan pasir kinetik dan flash card. Sehingga tercapailah presentase sebesar 80% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB Kata Kunci: Membaca Permulaan, Pasir Kinetik, Flash Card

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ecrp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Early Childhood Research and Practice - ECRP a peer-reviewed and open-access journal published by the Faculty of Education and Teacher Training Universitas Dehasen Bengkulu in associated with Budapest International Research and Critics University (BIRCU) Publisher. ECRP scoped in Early Child ...