Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Vol 5, No 2 (2023): JULI

Penggunaan Bo’ Sangaji Kai sebagai Materi Ajar dalam Pembelajaran Sejarah Lokal di STKIP Yapis Dompu

Sumiyati Sumiyati (STKIP Yapis Dompu)
Husnul Khatimah (STKIP Yapis Dompu)
Enung Nurhasanaha (STKIP Yapis Dompu)
Ririn Julianti (STKIP Yapis Dompu)
Desi Permatasari (STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Matari ajar sebagai salah satu konten pembelajaran menjadi penting peranannya bagi dosen dan mahasiswa, materi ajar dalam UU No. 12 pasal 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menjelaskan bahwa dosen berkewajiban menulis materi ajar atau buku ajar sebagai wahana sumber belajar guna pengembangan budaya akademik. Mata kuliah sejarah local merupakan salah satu mata kuliah dasar bagi mahasiswa program studi pendidikan sejarah STKIP Yapis Dompu yang di dalamnya memerlukan pendekatan pembelajaran menarik dan memuat informasi yang valid. Penelitian ini bertujuan untuk memperkaya materi ajar sejarah, selain itu juga mendekatkan pembelajaran sejarah pada sumber-sumber sejarah yang dekat dengan lingkungan mahasiswa. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Kualitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan sejarah STKIP Yapis Dompu yang telah menempuh mata kuliah sejarah lokal. Kebutuhan Matari ajar bagi mahasiswa diperoleh melalui observasi selama pembelajaran dengan angket dan tanggapan mahasiswa diperoleh melalui kuisioner yang selanjutnya dianalisis secara persentase deskriptif. Sebanyak 70,21% koresponden menjelaskan bahwa materi ajar dibutuhkan dalam menunjang pembelajaran dan pemahaman mahasiswa, selain itu materi ajar hendaknya dapat membantu mahasiswa agar cept memahami mata kuliah hanya 30,61% koresponden merasa kesulitan dalam memahami materi di perkuliahan Sejarah local dengan materi ajar yang bersumber dari catatan Bo’ Sangaji Kai. Dengan demikian, materi ajar dari catatan Bo Sangaji Kai sebagai salah satu sumber belajar memiliki peranan yang sangat penting pada mata kuliah sejarah local Bima-dompu di Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP Yapis Dompu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijsse

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) memuat artikel dengan fokus penelitian dan pengkajian di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). p-issn 2655-6588 dan e-issn 2655-6278 . Jurnal ini diterbitkan oleh Insitut Agama Islam Negeri Bengkulu dua kali dalam setahun yaitu setiap ...