JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 8, No 2 (2023): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Konteks Budaya

Muhammad Irfan (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Alvia Ratna Nilawati (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Fitria Sulistyowati (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Sukiyanto Sukiyanto (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Numerasi dapat diartikan sebagai pengetahuan dan kecakapan menggunakan berbagai macam angka dan simbol dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi pada siswa fase D. Adapun subjek penelitian ini adalah salah satu siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Intrumen yang telah disusun yaitu lembar tes kemampuan numerasi yang bermuatan budaya dan Tri-N. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa soal tes tertulis numerasi yang memuat budaya Candi Umbul dan wawancara siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S mampu menyelesaikannya namun masih ada beberapa kesalahan pada indikator mampu menganalisis informasi yang disajikan dan melakukan kesalahan terhadap penarikan kesimpulan jawaban.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...