Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau biasa disebut UMKM telah menyumbangkan pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia. Pengaruh UMKM dalam perekonomian nasional sangat signifikan. Perkembangannya yang sangat pesat membuat minat masyarakat untuk terjun di bidang bisnis mikro, kecil, dan menengah semakin meningkat. Tidak jarang masyarakat yang terjun dalam dunia bisnis tidak dibekali kemampuan untuk memasarkan produknya. Oleh karena itu, produknya hanya menjangkau pasar yang sempit. Begitu juga yang dirasakan oleh pelaku UMKM di desa Sumurmati, Ambulu, dan Sumberbendo. Diperlukan sarana untuk memperluas jangkauan pasar seperti penyelenggaraan bazar. Penyelenggaraan bazar sebagai sarana sekaligus saluran pemasaran bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pasar dari UMKM. Melalui observasi dan persiapan yang matang, kerjasama antara mahasiswa KKN-T dari tiga desa akan mempermudah penyelenggaraan bazar. Bazar Ramadhan “Ngabuburit Bermutu” diselenggarakan dengan berbagai rangkaian acara dan fasilitas. Dengan menghadirkan fasilitas berdagang seperti stan serta mendatangkan pengunjung dari berbagai desa, pelaku UMKM dapat memasarkan produk kepada warga diluar wilayah desa asalnya tanpa harus mendatangi satu persatu wilayah lain.
Copyrights © 2023