KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3 No 1 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

STRATEGI PEMBERDAYAAN BISNIS MASYARAKAT MELALUI AKTIVITAS DIGITALISASI UMKM GUNA MENGOPTIMALISASI POTENSI PENJUALAN (STUDI KASUS PADA UMKM GUDANG SANDAL)

Wilda Maulidiyah (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Nurhadi Nurhadi (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis bagaimana strategi pemberdayaan bisnis masyarakat melalui aktivitas digitalisasi pada UMKM Gudang Sandal guna mengoptimalisasi potensi penjualan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan studi literatur sebagai pendekatan. Sumber data primer dikumpulkan melalui hasil observasi dan wawancara secara langsung dengan pelaku UMKM. Sedangkan, sumber data sekunder didapat melalui pengumpulan informasi dari dokumen tertulis dan dokumen elektronik, seperti artikel berita, buku, jurnal, materi internet, seminar, dan penelitian terkait. Teknik analisis data diadaptasi menggunakan teknik deskriptif-naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan bisnis masyarakat melalui aktivitas digitalisasi pada UMKM Gudang Sandal dilakukan dengan mengkaji serta melakukan analisis terhadap kelayakan bisnis serta pemberdayaan terkait topik lain seperti branding (visual identity), desain grafis, foto produk, pengelolaan media sosial, pengelolaan marketplace, pengelolaan google business profile, pembuatan website / landing page, pengelolaan keuangan (akuntansi) bisnis digital, serta pendampingan legalitas dan badan usaha. Setelah melalui aktivitas pemberdayaan terkait proses digitalisasi, UMKM Gudang Sandal mengalami proses penyempurnaan dari segi produktivitas pelayanan sehingga mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang mana diharapkan bisa mengoptimalisasi potensi penjualan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KARYA_JPM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat pada multidisiplin penerapan iptek baik yang berbentuk ...