Dalam menjalankan proses bisnisnya yang berhubungan dengan dana pensiun, Dapen Bank NTT masih terkendala dalam mengelola dokumen penting serta menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh berbagai pihak. Oleh karena itu pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini akan dilakukan pembangunan dan pelatihan pengoperasian sebuah website sebagai media informasi serta sebagai branding image perusahaan. Adapun tujuan yang hendak dicapai yakni terciptanya transparansi informasi kepada peserta dana pensiun, tata kelola dokumen yang baik serta adanya media yang mumpuni sebagai pembangun citra positif dari perusahaan. PKM dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu mengidentifikasi permasalahan, menetapkan solusi, melakukan pembangunan, hosting, uji coba, pelatihan dan pendampingan pengoperasian website. Untuk tahapan pelatihan dan pendampingan, diterapkan kombinasi berbagai metode yakni metode presentasi, focus group discussion (FGD), demonstrasi, praktik dan evaluasi. PKM ini menghasilkan sebuah website yang berhasil dibangun dan dioperasikan dengan baik sehingga memberikan manfaat signifikan terhadap proses bisnis yang berjalan serta menjadi solusi yang tepat terhadap permasalahan yang dialami mitra. Karena dengan menggunakan website maka informasi yang disajikan bersifat terbuka sehingga mempermudah proses pencarian informasi. Selain itu, strategi memanfaatkan website untuk membangun citra perusahaan merupakan langkah cerdas agar perusahaan lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas
Copyrights © 2023