Progressive of Cognitive and Ability
Vol. 2 No. 3 (2023): Juli

Motivasi Mahasiswa Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)

Zainnur Wijayanto (Unknown)
Imam Ghozali (Unknown)
Trisharsiwi (Unknown)
Widodo Budhi (Unknown)
Yuyun Yulia (Unknown)
Betty Kusumaningrum (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat telah membawa perubahan yang sangat pesat pula dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, diperlukan transformasi pembelajaran untuk bisa membekali dan menyiapkan lulusan pendidikan tinggi agar menjadi generasi yang unggul. Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Salah satu kebijakan yang diluncurkan adalah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Program PMM merupakan sebuah program yang akan mengajak para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi (PT) terbaik di seluruh Indonesia. Pada penerapannya, Program PMM memberikan tantangan sendiri bagi mahasiswa yang mengikuti program tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi mahasiswa dalam mengikuti Program PMM. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus deskriptif.  Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan metode survei dengan menggunakan kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan, motivasi mahasiswa mengikuti program PMM yaitu ingin: 1) Mengunjungi provinsi lain; 2) Menambah relasi; 3) Mendapatkan pengalaman baru; dan 4) Mendapatkan credit transfer.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpr

Publisher

Subject

Education Other

Description

This journal is a publication that contains research results, development of innovative and relevant research and related conceptual studies and/or developments in the field of Education. This journal has a focus and scope that includes: 1. Educational learning and services. 2. Evaluation of ...