Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 1, No 1 (2013)

PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA MATERI FLUIDA STATIS

Hadiati, Soka (Unknown)
Pramuda, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap terhadap prestasi belajar psikomotor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah seluruh mahasiswa pendidika fisika semester dua STKIP PGRI Pontianak tahun akademik 2011-2012, sejumlah tiga kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Satu kelas eksperimen 1 dengan metode inkuiri terbimbing dan satu kelas eksperimen 2 dengan metode inkuiri bebas termodifikasi. Teknik pengumpulan data untuk  prestasi belajar psikomotor dengan metode pengamatan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi berorientasi pendidikan karakter terhadap prestasi belajar psikomotor. Kata Kunci : Metode Inkuiri Terbimbing, Metode Inkuiri Bebas Termodifikasi, Prestasi Belajar Psikomotor, Fluida Statis.

Copyrights © 2013