Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap terhadap prestasi belajar psikomotor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi adalah seluruh mahasiswa pendidika fisika semester dua STKIP PGRI Pontianak tahun akademik 2011-2012, sejumlah tiga kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Satu kelas eksperimen 1 dengan metode inkuiri terbimbing dan satu kelas eksperimen 2 dengan metode inkuiri bebas termodifikasi. Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar psikomotor dengan metode pengamatan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi berorientasi pendidikan karakter terhadap prestasi belajar psikomotor. Kata Kunci : Metode Inkuiri Terbimbing, Metode Inkuiri Bebas Termodifikasi, Prestasi Belajar Psikomotor, Fluida Statis.
Copyrights © 2013