Abstrak. Ada tiga faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu (1) sumberbelajar dan proses belajar di sekolah, (2) kemampuan dan kecakapan guru, dan (3)kemampuan peserta didik. Dosen melalui empat pilar kompetensi dituntut untukmendorong dan memotivasi mahasiswa dalam belajar. Hal ini dilakukan untukmeningkatkan keaktifan mahasiswa dalam belajar, sehingga dapat meningkatkanhasil belajar. Penelitian ini mengungkap hubungan persepsi dan tingkat keaktifandengan hasil belajar mahasiswa biologi pada perkuliahan bioteknologi di UniversitasMuhammadiyah Malang. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi yang signifikanantara tingkat keaktifan mahasiswa dengan hasil belajar bioteknologi (r = 0,789),sedangkan persepsi mahasiswa tidak memiliki korelasi dengan hasil belajarbioteknologi (r = 0,00). Â Kata Kunci: Persepsi, hasil belajar, bioteknologi
Copyrights © 2014