PASCAL (Journal of Physics and Science Learning)
Vol 7, No 1 (2023): Juni

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA KELAS 5 SDN 027 TAKATIDUNG

Ummu Kalsum (Universitas Sulawesi Barat)
Sri Sulastri (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi peserta didik pada kelas 5 di SDN 027 Takatidung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis deskriptif. Adapun populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 SDN 027 Takatidung dengan menggunakan pengambilan teknik sampel jenuh. Berdasarkan analisis data diperoleh kemampuan literasi numerasi dengan capaian tiap indikator : ( 1) Menggunakan bermacam-macam angka dan simbol berkaitan dengan matematika dasar pada pemecahan masalah praktis dalam konteks kehidupan sehari-hari dengan persentase 8,16% yang berada pada kategori sangat rendah. Indikator (2) Menganalisis informasi yang ditampilkan dari berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan) dengan persentase 26,53% yang termasuk dalam kategori rendah. Indikator (3) Menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan memperoleh persentase 59,18% yang berada pada kategori sedang. Secara akumulatif, rata-rata persentase kemampuan literasi numerasi peserta didik pada kelas 5 di SDN 027 Takatidung  sebesar 31,29% yang berada pada kategori rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PASCAL

Publisher

Subject

Physics Social Sciences Other

Description

Journal of Physics and Science Learning (PASCAL) merupakan Jurnal yang diterbitkan secara berkala pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini memuat hasil pemikiran, ide, gagasan dari penelitian,pengembangan kajian pustaka dan ...