Salah satu faktor penentu daripada kepuasan pelanggan diantaranya adalah kualitas pelayanan dan harga. Perkembangan sektor pariwisata menjanjikan dan memberikan manfaat kepada banyak pihak diseluruh bidang baik pemerintahan, masyarakat maupun bidang swasta. Hal ini merupakan suatu tantangan besar bagi para pelaku bisnis untuk bersaing, berkembangnya pariwisata di lombok yakni menjamurnya bisnis kuliner. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana pengaruh harga, kualitas makanan, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan di Restaurant Firdaus Hotel Grand Madani Kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Hotel Grand Madani, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 245 orang. Penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh melalui pengambilan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Penelitian ini menekankan analisis pada data numerical yang diolah dengan metode statistik. Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga Makanan (X1), Kualitas Makanan (X2), dan Kualitas Pelayanan (X3) secara terutama dalam bidang makanan atau yang biasa dikenal dengan istilah kuliner. Fenomena yang terjadi setelah simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) sesuai F hitung sebesar 56.647 dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil temuan yaitu: (1) kualitas layanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan; (2) harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan; (3) kualitas makanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan; (4) kualitas layanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan.
Copyrights © 2023