AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM
Vol. 1 No. 1 (2021): JUNI 2021

STRATEGI PEMASARAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA BARU DI STAI NW SAMAWA SUMBAWA BESAR: STRATEGI PEMASARAN STAI NW SAMAWA MENGGUNAKAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)

Siti Arpah (dosen)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2021

Abstract

Pemasaran menjadi kebutuhan pada lembaga, mengingat perkembangan pasar dan persaingan yang semakin ketat. Strategi pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan maupun lembaga yang bertujuan agar rencana yang telah dibuat dapat terlaksana dan dapat dicapai sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. STAI NW Samawa Sumbawa Besar merupakan satu­satunya Perguruan Tinggi Agama Islam yang ada di Sumbawa Besar. Agar STAI NW Samawa Sumbawa Besar diminati oleh banyak calon mahasiswa baru maka STAI NW Samawa Sumbawa Besar harus bisa menerapkan strategi pemasaran yaitu kepercayaan untuk memilih STAI NW Samawa Sumbawa Besar sebagai pilihan utama. Oleh karena itu strategi pemasaran sangatlah berguna dalam menciptakan tujuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran, dampak pemasaran dan juga kendala serta solusi dari pelaksanaan pemasaran yang ada di STAI NW Samawa Sumbawa Besar. Subjek penelitian ini adalah Sekap PAI, panitia PMB, Bagian Akademik dan Kemahasiswaan STAI NW Samawa sedangkan obyeknya adalah strategi pemasaran STAI NW Samawa Sumbawa Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan STAI NW Samawa adalah bauran pemasaran (marketing mix) dan telah melakukan kegiatan pemasaran dalam bidang periklanan (advertising), penjualan perseorangan (personal selling), hubungan masyarakat (public relation). Dampak pemasaran yang dilakukan oleh STAI NW Samawa Sumbawa Besar dapat dilihat dari peningkatan jumlah mahasiswa baru di tahun 2019/2020. Kendala pelaksanaan pemasaran ini adalah jauhnya jarak penjualan perseorangan (personal selling) dan belum adanya website resmi kampus serta tidak ada pos anggaran dana pemasaran untuk melaksanakan pemasaran secara maksimal dan berkesinambungan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-bayan

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Al-Bayan: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi artikel ilmiah hasil penelitian tentang Hukum Islam, lembaga keuangan mikro syariah, lembaga keuangan non bank, dan tema-tema lain yang berkaitan dengan Hukum Islam dan Ekonomi Syariah. Redaksi menerima tulisan-tulisan ...