cover
Contact Name
FERI IRAWAN
Contact Email
irawanferi23@gmail.com
Phone
+6285333757705
Journal Mail Official
irawanferi23@gmail.com
Editorial Address
Jln. Lintas Sumbawa Bima KM 03 Sumbawa Besar-NTB
Location
Kab. sumbawa,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM
ISSN : 27466469     EISSN : 29874335     DOI : https://doi.org/10.35964/ab.v3i1
Core Subject : Religion, Economy,
Al-Bayan: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi artikel ilmiah hasil penelitian tentang Hukum Islam, lembaga keuangan mikro syariah, lembaga keuangan non bank, dan tema-tema lain yang berkaitan dengan Hukum Islam dan Ekonomi Syariah. Redaksi menerima tulisan-tulisan yang belum pernah dipublikasikan dimedia/jurnal lain yang sesuai dengan pedoman penulisan jurnal. Jurnal ini dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) STAI Nahdlatul Wathan Samawa Sumbawa Besar.
Articles 25 Documents
ANALISIS SEJARAH EKONOMI ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN KHULAFAH AL-RASYIDIN: ANALISIS SEJARAH EKONOMI ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN KHULAFAH AL-RASYIDIN Dewi Jayanti M.Saleh Syam
AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM Vol. 1 No. 1 (2021): JUNI 2021
Publisher : Jurnal ini dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Publikasi (P3M) STAI Nahdlatul Watan Samawa-licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.553 KB)

Abstract

Ilmu ekonomi islam merupakan jawaban-jawaban dari cendikiawan muslim untuk mengahadapi sebuah tantangan-tantangan ekonomi yang ada pada saat itu yang mana tidak terlepas dari Al-Qur’an dan juga Hadist. ekonomi islam juga merupakan sebuah pengetahuan sosial yang mana nilai-nial islamnya mengilhami semua kegiatan-kegiatan ekonomi pada masyarakat. ekonomi islam ini bagian dari semua aspek-aspek dalam kehidupan yang mana berdasarkan kepada empat bagian pengetahuan ialah sebagai berikut: (1) Al-Qur’an (2) Sunnah (3) Ijma (4) dan juga Qiyas. Yang di mana dalam hal ini membahas tentang sebuah tata cara kehidupana yang sangat lengkap. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan (Library Research) . dan adapun tekhnik pengumpulan data ialah dengan cara mengadakan sebuah studi penelaahan pada sebuah literature-leiteratur dengan masalah yang akan di pecahkan.
STRATEGI PEMASARAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA BARU DI STAI NW SAMAWA SUMBAWA BESAR: STRATEGI PEMASARAN STAI NW SAMAWA MENGGUNAKAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) Siti Arpah
AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM Vol. 1 No. 1 (2021): JUNI 2021
Publisher : Jurnal ini dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Publikasi (P3M) STAI Nahdlatul Watan Samawa-licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.609 KB)

Abstract

Pemasaran menjadi kebutuhan pada lembaga, mengingat perkembangan pasar dan persaingan yang semakin ketat. Strategi pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan maupun lembaga yang bertujuan agar rencana yang telah dibuat dapat terlaksana dan dapat dicapai sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. STAI NW Samawa Sumbawa Besar merupakan satu­satunya Perguruan Tinggi Agama Islam yang ada di Sumbawa Besar. Agar STAI NW Samawa Sumbawa Besar diminati oleh banyak calon mahasiswa baru maka STAI NW Samawa Sumbawa Besar harus bisa menerapkan strategi pemasaran yaitu kepercayaan untuk memilih STAI NW Samawa Sumbawa Besar sebagai pilihan utama. Oleh karena itu strategi pemasaran sangatlah berguna dalam menciptakan tujuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran, dampak pemasaran dan juga kendala serta solusi dari pelaksanaan pemasaran yang ada di STAI NW Samawa Sumbawa Besar. Subjek penelitian ini adalah Sekap PAI, panitia PMB, Bagian Akademik dan Kemahasiswaan STAI NW Samawa sedangkan obyeknya adalah strategi pemasaran STAI NW Samawa Sumbawa Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan STAI NW Samawa adalah bauran pemasaran (marketing mix) dan telah melakukan kegiatan pemasaran dalam bidang periklanan (advertising), penjualan perseorangan (personal selling), hubungan masyarakat (public relation). Dampak pemasaran yang dilakukan oleh STAI NW Samawa Sumbawa Besar dapat dilihat dari peningkatan jumlah mahasiswa baru di tahun 2019/2020. Kendala pelaksanaan pemasaran ini adalah jauhnya jarak penjualan perseorangan (personal selling) dan belum adanya website resmi kampus serta tidak ada pos anggaran dana pemasaran untuk melaksanakan pemasaran secara maksimal dan berkesinambungan.
STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN HAJI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DI BANK SYARIAH MANDIRI SUMBAWA BESAR: Strategi Pemasaran Tabungan Haji Terhadap Minat Masyarakat DI Bank Syariah Mandiri Sumbawa Besar Muhammad Suhri
AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM Vol. 1 No. 1 (2021): JUNI 2021
Publisher : Jurnal ini dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Publikasi (P3M) STAI Nahdlatul Watan Samawa-licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.946 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan haji dalam menumbuhkan minat masyarakat di Bank Syariah Mandiri sumbawa besar. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian untuk mendapatkan data deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data yang dapat dari proses wawancara mendalam dan mencari dokumen yang tepat serta melakukan observasi, partisipan, keabsahan data, kemudian data analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Berdasarkan analisa data yang dilakukan di peroleh hasil penelitian bahwa strategi pemasaran yang baik akan membuat masyarakat cendrung tertarik. Dan hal ini sesuai dengan hasil wawancara yang akan dilakukan pada pegawai staff ahli tabungan haji yang berhasil dalam memasarkan tabungan haji tersebut. Dari tiga tahun terakhir, didapatkan data bahwa pertumbuhan jumlah nasabah meningkat.Hal ini di karenakan kepercayaan masyarakat terhadap produk Bank Syariah Mandiri yakni produk tabungan haji sebagai mediator dan fasilitator dalam melancarkan perjalanan menuju kebaitullah.
RELEVANSI FINANCIAL TECHNOLOGY DI TINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH: Relevansi Financial Technology Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah Feri Irawan
AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM Vol. 1 No. 1 (2021): JUNI 2021
Publisher : Jurnal ini dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Publikasi (P3M) STAI Nahdlatul Watan Samawa-licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.053 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research atau kajian pustaka, yang mengumpulkan data dari literatur dan sumber-sumber lain yang mendukung dan mempunyai kaitan dengan pembahasan pada penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini, yakni: 1) Ada 5 peran besar Start-up Financial Technology yaitu, Pertama transaksi keuangan menjadi lebih praktis dan aman. Kedua, dapat memajukan perkembangan bitcoin. Ketiga, dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Keempat, dapat membangun infrastruktur perbankan sebagai solusi untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Kelima, dapat menghapus rentenir pinjaman. 2) Relevansi Financial Technology pada perkembangan zaman sekarang sudah sangat jelas keterkaitannya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, yang memberikan kemudahan bagi kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan, seperti pembayaran, jual beli saham, peminjaman dan transaksi lainnya melalui tekhnologi. 3) Financial Technology tidak bertentangan dalam sistem ekonomi Islam sepanjang mengikuti prinsip-prinsip sahnya suatu akad, serta memenuhi suatu syarat dan rukun serta hukum yang berlaku.
PENGGUNAAN VAKSIN MENINGITIS ANTARA LEGALITAS DAN FORMALITAS PERSPEKTIF HUKUM ISLAM: Penggunaan Vaksin Meningitis Antara Legalitas Dan Formalitas Perspektif Hukum Islam Indah Fitriani
AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM Vol. 1 No. 1 (2021): JUNI 2021
Publisher : Jurnal ini dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Publikasi (P3M) STAI Nahdlatul Watan Samawa-licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.287 KB)

Abstract

Sejalan dengan kemajuan di bidang teknologi, kini masalah kesucian dan kehalalan menjadi problem global. kebanyakan negara-negara sekuler yang mengabaikan tentang suci dan najis, halal dan haram. Sementara bagi kaum muslimin hal tersebut jelas menjadi problem yang krusial. Di sinilah arti pentingnya untuk memahami seluk beluk najis dan teknik pencuciannya. Penelitian ini akan mengungkap pengunaan vaksin meningitis yang selama ini sudah digunakan oleh jamaah umrah atau haji Indonesia ditinjau dari perspektif hukum islam. Penelitian ini berbeda dengan peneliti lainnya pada pendekatan yang digunakan sebagai alasan kebolehan menggunakan vaksin sebagai pra-syarat melaksanakan ibadah ke Mekkah. Meskipun vaksin ini diperbolehkan, tapi peneliti melihat bahwa ada celah lain yang dapat mengungkap penggunaan vaksin dari hukum islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian normatif dan Fatwa MUI Nomor: 06 Tahun 2010 tentang Penggunaan Vaksin Meningitis bagi Jamaah Haji dan Umrah. Penelitian ini membuktikan bahwa kebolehan vaksin meningitis dengan berbagai kadar dan kandungan zatnya dianggap dibolehkan dengan syarat. Persyaratan ini dinyatakan dalam implementasi pemerintah Saudi Arabia dan tidak bertentangan dengan tujuan-tujuan hukum islam yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.
POTENSI WAKAF TUNAI DALAM MENINGKATKAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM): STUDI PADA BADAN WAKAF UANG TUNAI (BWUT) MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) YOGYAKARTA Nia Puji Agustin; Khurun’in Zahro’ IIN
AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM Vol. 1 No. 2 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Jurnal ini dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Publikasi (P3M) STAI Nahdlatul Watan Samawa-licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.925 KB) | DOI: 10.35964/ab.v2i2.26

Abstract

Belum teratasinya kemiskinan, mendorong pemikiran perlunya suatu upaya guna menaggulangi kemiskinan hingga menyentuh akar permasalahan kemiskinan. Perhatian pemerintah yang menitikberatkan pada modal yang sebesar-besarnya untuk mengembangkan usaha tanpa disertai dengan pertumbuhan dan pengembangan terhadap UKM mengakibatkan lemahnya sektor UKM yang semestinya menjadi fundamen ekonomi yang kuat. Optimalisasi sumber keuangan Islam merupakan salah satu upaya yang dapat diterapkan dalam mengatasi kemiskinan. Wakaf tunai menawarkan solusi menaggulangi kemiskinan melalui program ekonomi dan kemitraan usaha. Wakaf tunai berperan penting sebagai instrumen fiskal Islam yang baru dalam perekonomian dan mempunyai peluang bagi terciptanya investasi di bidang keagamaan, pendidikan dan pelayanan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi wakaf tunai dalam meningkatkan UKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi lapangan dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wakaf tunai memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan ekonomi umat dalam sektor UKM.
PENGARUH DIFERENSIASI LAYANAN BRIS ONLINE DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA BANK BRI SYARIAH KCP MAGELANG Hajar Mukaromah; Eka Yuli Kurniawati
AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM Vol. 1 No. 2 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Jurnal ini dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Publikasi (P3M) STAI Nahdlatul Watan Samawa-licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.417 KB) | DOI: 10.35964/ab.v2i2.35

Abstract

This study aims to determine how much influence the differentiation of BRIS Online services and the company's image on the competitive advantage of Bank BRI Syariah KCP Magelang. The population in this study were all customers who used BRIS Online services at Bank BRI Syariah KCP Magelang. The sample used was 103 respondents. The data analysis technique in this study used multiple linear regression methods using the SPSS version 17.0 application, with a quantitative descriptive field research approach. The results of this study indicate that simultaneously (together) the independent variables (BRIS Online service differentiation and company image) have a significant effect on the dependent variable (competitive advantage of Bank BRI Syariah KCP Magelang). While partially, the corporate image variable has a significant effect on the competitive advantage of Bank BRI Syariah KCP Magelang with a probability value of 0.000. Meanwhile, the differentiation variable of BRIS Online services partially has no effect on the competitive advantage of Bank BRI Syariah KCP Magelang with a probability value of 0.269. Meanwhile, the R2 value is 0.341 which indicates that the competitive advantage of BRI Syariah KCP Magelang can be explained by the research variable of 34.1%, while the rest is explained by other variables not examined in this study. For that, the company must maintain the existing corporate image so that the company is superior in competing.
FAKTOR PELAYANAN, PROMOSI DAN REPUTASI TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN HAJI PADA BRI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU MAGELANG TAHUN 2019 Muhajir; Fathudin; Amat Ulya Inayah
AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM Vol. 1 No. 2 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Jurnal ini dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Publikasi (P3M) STAI Nahdlatul Watan Samawa-licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (716.658 KB) | DOI: 10.35964/ab.v2i2.38

Abstract

The research is aimed at seeing how promotion and reputation service affect customer’s interests using the haj saving product on loan to BRI Syariah Magelang Sub-Branch Magelang. The research uses a quantitative study method with data collection teachiques using a questionnaire. The sample in this research use probability sampling, namely 126 BRI Syariah Hajj Savings Customers in Magelang Sub-Branch Offices. The research method used is multiple linear regression analysis, classical assumption test, the coefficient of determination R. Hypothesis testing with simultaneous t test and F test. The results showed that partially and simultaneously service. The results showed that partially, service with t value of 4,360> t table 1,979, promotion with t count of 5,223> t table of 1,979 and reputation of t count of 7,064> t table of 1,979 with an effect on customer interest in using Hajj savings products at BRI Syariah. Magelang Sub Branch Office. And service, promotion and reputation simultaneously influence 32.1% of customers' interest in using Hajj savings at BRI Syariah Magelang Sub-Branch Office.
ANALISIS ASSET DAN LIABILITAS MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PENGARUH PEMBIAYAAN DI BANK SYARIAH Nur Helmy Iffah; Agung Lia Handayani; Fadhila Sukur Indra
AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM Vol. 2 No. 1 (2022): JUNI 2022
Publisher : Jurnal ini dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Publikasi (P3M) STAI Nahdlatul Watan Samawa-licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.629 KB)

Abstract

Bank syariah merupakan lembaga yang bergerak dibidang jasa keuangan. Dalam operasionalnya, lembaga ini memperoleh aset dari modal ekuitas, dana pihak ketiga dan dana pinjaman lainnya. Sumber sebagian besar modal tersebut besasal dari liabilitas yaitu dana pihak ketiga dan pinjaman lainnya. Oleh sebab itu dibutuhkan sistem manajemen yang dapat mencakup pengeloaan aset dan liabilitas. Pada operasionalnya, bank syariah menerapkan Asset and Liability Management. Sistem manajemen ini telah lama berkembang dan merupakan sistem manajemen yang diadopsi dari bank konvensional. Pada operasional perbankan, asset liability management (ALMA) merupakan fokus utama dalam memanajemen bank umum. Sebagai salah satu alat analisis dan pengelolaan operasional perbankan, merupakan salah satu yang diperhatikan oleh praktisi dan akademisi perbankan. Metode yang digunakan dalan penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dari permasalahan diatas, peneliti, akan melihat penerapannya serta kesesuaian dengan sistem bank syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asset dan liabilitas merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena perannya saling bersangkutan. Pengaruh pembiayaan terhadap keuntungan bank syariah lebih didominasi oleh produk murabahah.
DAMPAK KEUANGAN BANK SYARIAH DI MASA PANDEMI COVID 19 Dewi Jayanti
AL-BAYAN: JURNAL HUKUM DAN EKONOMI ISLAM Vol. 1 No. 2 (2021): DESEMBER 2021
Publisher : Jurnal ini dipublikasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Publikasi (P3M) STAI Nahdlatul Watan Samawa-licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.871 KB) | DOI: 10.35964/ab.v2i2.51

Abstract

Novel Corona Virus Covid-19 pandemic has globally and significantly created a huge impact in the development of economic world and has become challenges to small and medium enterprise, and industrial service of finance and banking. This situation, moreover, may worsen the finance system including bank interest in a conventional bank. This study aims to examine the management of operational strategy applied by an Islamic banking to carry out its functions as an institution of banking intermediation such as raising funds and distributing them in the Covid-19 pandemic situation. This study also aims to provide understanding of how the Islamic finance carries out its intermediation functions in the middle of Covid-19 pandemic. The methodology used in this study is qualitative by using naturalistic approach because of its natural situation in conducting the study. The data was analyzed using analysis descriptive. The results showed that the Covid-19 pandemic has impacts toward functions of banking intermediation in terms of funding and third-party funds (TPF). In addition, the Islamic bank tends to increase from January to March 2020. Furthermore, due to the Covid-19 pandemic, the management of banking operational strategies and the third-party funds (TPF) of the Islamic bank encounters a fluctuating phase

Page 1 of 3 | Total Record : 25