Educational Journal of Islamic Management (EJIM)
Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 No 1 Mei 2023

Manajemen Pembelajaran Nilai-Nilai Keislaman dalam Perspektif Pendidikan Islam Transformatif

Lilik Nur Kholidah Lilik (Universitas negeri malang)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Abstrak Manajemen pembelajaran nilai-nilai keislaman dalam perspektif pendidikan Islam transformatif adalah upaya untuk mengelola pembelajaran nilai-nilai keIslaman sesuai perspektif paradigma pendidikan Islam transformatif. Upaya ini merupakan respons terhadap permasalahan penyelenggaraan pendidikan Islam yang belum sepenuhnya dijiwai nilai-nilai ajaran Islam, dan paradigma transformatif. Dalam penelitian ini, pendekatan studi pustaka digunakan untuk mengumpulkan sumber data dari literatur karya ilmiah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa konsep manajemen pembelajaran nilai-nilai keIslaman dalam pendidikan Islam transformatif, meliputi pemikiran, konsep, dan aktivitas mentransformasikan nilai-nilai Islam yang humanis dalam diri subyek belajar. Manajemen pembelajaran nilai-nilai keislaman ini juga sekaligus merupakan respons atas kondisi lembaga pendidikan Islam yang dalam praktek pengelolaannya belum bertolak dari teori, konsep, desain nilai ajaran Islam sehingga tercapai transformasi sosial. Manajemen pembelajaran nilai-nilai keislaman dalam perspektif pendidikan Islam tansformatif ini merupakan bentuk formulasi konsep teoretis dari fungsi manajemen pembelajaran sebagai aktivitas pengelolaan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan Islam dalam membimbing output lembaga pendidikan menjadi insan yang berkepribadian Islami, yang terbentuk dari aspek intelektual Islam dan aspek spiritual Islam..

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ejim

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Educational Journal of Islamic Management (EJIM) adalah jurnal berkala ilmiah yang mengkhususkan pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, maupun review artikel atau buku. Redaksi menyambut baik kontribusi artikel dari ilmuan, cendekiawan, profesional ...