Kelimutu Journal of Community Service
Vol 1 No 1 (2021): November

Pelatihan Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Tematik bagi Guru MI Al-Fitrah Kupang

Yusniati H. Muh. Yusuf (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Kadek Ayu Astiti (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Vinsensius Lantik (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2021

Abstract

Telah dilaksanakan kegiatan Program Kegiatan Masyarakat (PKM) Pelatihan Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Tematik bagi Guru MI Al-Fitrah Kupang. Permasalahan sekolah mitra dalam penerapan/implemetasi pembelajaran IPA Terpadu berbasis tematik yang merupakan syarat utama pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah dapat diselesaikan dengan pemberian materi yang berkaitan dengan konsep kurikulum 2013 serta pemaparan mengenai pembelajaran IPA Terpadu dan tematik. Pelaksanaan PKM di MI Al-Fitrah ini diawali dengan pemberian pretest dan post test di akhir kegiatan pelatihan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan penguasaan materi yang diberikan dalam kegiatan PKM tersebut. Seluruh Kegiatan ini dilaksanakan oleh 4 orang dosen dan 2 mahasiswa. Berdasarkan tahap evaluasi yang dilakukan untuk melakukan penilaian terhadap kegiatan pelatihan serta mengukur keberhasilan kegiatan PKM ini, maka diperolah kesimpulan sebagai berikut:(1) Kegiatan pelatihan implementasi IPA Terpadu berbasis tematik sangat dibutuhkan oleh para guru, hal ini terindikasi dari antusiasnya peserta dalam mengikuti pelatihan;(2) Kebutuhan akan belajar untuk menambah pengetahuan sangat diharapkan oleh sekolah mitra yang ditandai dengan adanya harapan dari Kepala Sekolah dan para guru untuk melakukan kegiatan sejenis di kesempatan lain;(3) Pemberian materi mengenai karakteristik pembelajaran IPA Terpadu dapat meningkatkan pemahaman mendalam bagi guru non IPA sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas;(4) Pemahaman mengenai pembelajaran Tematik sebagai ciri khas kurikulum 2013 di tingkat SD/MI menjadi terarah dengan adanya materi yang membahas mengenai pembelajaran tematik yang ideal;(5) Meningkatnya pemahaman guru mengenai Kurikulum 2013 serta terbentuknya keterampilan dalam pembuatan perangkat pembelajaran berbasis kurikulum 2013.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kjcs

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The scope of this journal is the results of research-based community service in the field of education, such as curriculum development, learning evaluation, learning innovation, teacher professionalism development, classroom action research, various other educational topics, as well as ...