cover
Contact Name
Sealtial Mau
Contact Email
sealtial.mau@staf.undana.ac.id
Phone
+6285239164769
Journal Mail Official
jurnalkelimutufkip@undana.ac.id
Editorial Address
Jl. Adisucipto Penfui, Kupang, NTT, Indonesia.
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Kelimutu Journal of Community Service
ISSN : -     EISSN : 28088638     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The scope of this journal is the results of research-based community service in the field of education, such as curriculum development, learning evaluation, learning innovation, teacher professionalism development, classroom action research, various other educational topics, as well as non-educational fields such as Mathematics and Natural Sciences, Social Sciences, language, and engineering.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 52 Documents
Pendampingan Psikososial Anak Korban Bencana di Sekolah Alam Manusak Engelbertus Nggalu Bali; Irul Khotijah; Stevanya Wollo; Sartika Kale; Vanida Mundiarti
Jurnal Kelimutu Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/kjcs.v1i1.5526

Abstract

Bencana yang terjadi di sekolah Alam Manusak menimbulkan trauma yang mendalam dan tekanan emosional bagi anak-anak. Semenjak bencana terjadi anak-anak di beberapa posko bencana mengalami gangguan psikologis diantaranya mengalami stres, gelisa, takut, cemas, Anak Jadi Pemurung, dan emosi tidak stabil. Tujuan pelaksanaan kegiatan pendampingan adalah untuk membantu anak-anak korban bencana siklon tropis (Seroja) yang mengalami dampak psikis diantaranya adalah, trauma, takut, cemas, gelisah dan sedih. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah studi pendahuluan, indentifikasi metode, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil menunjukan bahwa kegiata pedampingan psikososial kepada anak dengan menggunakan metode beryanyi, metode, bermaindan metode bercerita sangat efektif dalam meminimalasisir gangguan psikologis anak yang korban bencana.
Pelatihan Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Tematik bagi Guru MI Al-Fitrah Kupang Yusniati H. Muh. Yusuf; Kadek Ayu Astiti; Vinsensius Lantik
Jurnal Kelimutu Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/kjcs.v1i1.5528

Abstract

Telah dilaksanakan kegiatan Program Kegiatan Masyarakat (PKM) Pelatihan Implementasi Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Tematik bagi Guru MI Al-Fitrah Kupang. Permasalahan sekolah mitra dalam penerapan/implemetasi pembelajaran IPA Terpadu berbasis tematik yang merupakan syarat utama pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah dapat diselesaikan dengan pemberian materi yang berkaitan dengan konsep kurikulum 2013 serta pemaparan mengenai pembelajaran IPA Terpadu dan tematik. Pelaksanaan PKM di MI Al-Fitrah ini diawali dengan pemberian pretest dan post test di akhir kegiatan pelatihan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan penguasaan materi yang diberikan dalam kegiatan PKM tersebut. Seluruh Kegiatan ini dilaksanakan oleh 4 orang dosen dan 2 mahasiswa. Berdasarkan tahap evaluasi yang dilakukan untuk melakukan penilaian terhadap kegiatan pelatihan serta mengukur keberhasilan kegiatan PKM ini, maka diperolah kesimpulan sebagai berikut:(1) Kegiatan pelatihan implementasi IPA Terpadu berbasis tematik sangat dibutuhkan oleh para guru, hal ini terindikasi dari antusiasnya peserta dalam mengikuti pelatihan;(2) Kebutuhan akan belajar untuk menambah pengetahuan sangat diharapkan oleh sekolah mitra yang ditandai dengan adanya harapan dari Kepala Sekolah dan para guru untuk melakukan kegiatan sejenis di kesempatan lain;(3) Pemberian materi mengenai karakteristik pembelajaran IPA Terpadu dapat meningkatkan pemahaman mendalam bagi guru non IPA sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas;(4) Pemahaman mengenai pembelajaran Tematik sebagai ciri khas kurikulum 2013 di tingkat SD/MI menjadi terarah dengan adanya materi yang membahas mengenai pembelajaran tematik yang ideal;(5) Meningkatnya pemahaman guru mengenai Kurikulum 2013 serta terbentuknya keterampilan dalam pembuatan perangkat pembelajaran berbasis kurikulum 2013.
Sosialisasi Berbasis Media Online “Penerapan Pola Hidup Sehat melalui Latihan Daya Tahan dan Cuci Tangan yang Benar untuk Mencegah Penularan Virus Korona” Veramyta M. M. Flora Babang; Maria Andriani Barek Ladjar; Ronald Dwi A. Fufu
Jurnal Kelimutu Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/kjcs.v1i1.5529

Abstract

Pentingnya berolahraga dimasa Pandemi memang harus dijadikan salah satu dari bagian pola hidup sehat. Oleh karena itu, salah satu Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Bapak Antonius Bnani, yang merupakan praktisi olahraga memaparkan materi mengenai pentingnya berolahraga di masa Pandemi Covid 19 serta memberikan berbagai contoh alternatif olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Penerapan pola hidup sehat melalui latihan yang sesuai dapat memberikan kontribusi maupun proges bagi hasil yang diharapkan. Oleh karena itu, Narasumber utama dalam kegiatan ini yaitu Bapak Dr. Lukas M. Boleng, yang merupakan Ahli Ilmu Faal Olahraga akan memaprkan bagaimana kontribusi dari latihan daya tahan terhadap ketahanan tubuh selama masa pandemi Covid 19. Salah satu protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan saat masa pandemi Covid 19 ini adalah wajib mencuci tangan sesering mungkin terutama setelah kita menyentuh sesuatu. Oleh karena itu, salah satu Narasumber dalam kegiatan ini dr. Fransiska T. M. Babang yang berprofesi sebagai seorang dokter umum yang ahli dan kompeten di bidang kesehatan. Sosialisasi kegiatan dilaksanakan melalui Webinar menggunakan Aplikasi Zoom Meeting. Peserta kegiatan ini adalah masyarakat umum, guru PJOK dan alumni penjaskesrek. Saat pendaftaran melalui google form tercatat 118 orang yang melakukan pendaftaran, tetapi saat kegiatan Webinar berlangsung tercatat 60 orang peserta yang ikut bergabung dari awal sampai akhir kegiatan.
Pemanfaatan Daun Sirih dan Jeruk Nipis dalam Pembuatan Hand Sanitizer Herbal Lolita A.M Parera; Delsy A. Dethan; Bella Theo T. Pamungkas; Ni Wayan O.A.C. Dewi; Jacky A. Nenohai
Jurnal Kelimutu Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/kjcs.v1i1.5531

Abstract

Program pengabdian ini dilaksanakan untuk memberikan alternatif solusi permasalahan yang sedang terjadi yakni tingginya penyebaran virus Corona di Kabupaten Kupang. Pencegahan penyebaran virus corona dilakukan dengan pola hidup sehat dan bersih dengan cara sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, istirahat yang cukup, berdiam di rumah, menggunakan alat perlindungan diri. Hand sanitizer merupakan cairan pembersih tangan yang tidak membutuhkan air untuk membilasnya. Cairan ini dapat membunuh mikroorganisme yang ada di tangan. Seiring dengan meningkatnya penyebaran Covid-19, penggunaan dan permintaan hand sanitizer meningkat, namun harga hand sanitizer antiseptik di pasaran tidak dapat terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Daun sirih dapat digunakan sebagai bahan hand sanitizer herbal karena mengandung senyawa aktif antara lain flavonoid dan minyak atsiri yangg daoat membunuh mikroorganisme, dan jeruk nipis memberikan aroma segar pada hand sanitizer herbal. Metode yang digunakan adalah melalui kegiatan workshop yakni pemberian materi dan praktik membuat hand sanitizer herbal oleh peserta kegiatan.
Pelatihan Penyediaan Objek Biologi untuk Kegiatan Pembelajaran di SMA Sri Sumiyati; Andam Surianty Ardan; Moses K. Tokan
Jurnal Kelimutu Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/kjcs.v1i1.5532

Abstract

Guru dituntut untuk mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang dapat memotivasi siswa memecahkan masalah-masalah dan menemukan konsepnya sendiri. Hal ini akan dapat dicapai bila guru dapat memberikan pengalaman tentang gejala atau fakta, baik secara langsung maupun tidak langsung, sebagai pijakan guru dalam membimbing peserta didik menemukan pemahamannya sendiri. Tujuan kegiatan PKM ini adalah selain memperkaya pengalaman guru dalam mengenali objek dan fenomena biologi, dan menyusun kegiatan yang sederhana, cepat dan murah, juga untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun rancangan pembelajaran yang dapat membelajarkan peserta didik, sehingga mereka mampu menarik konsep dari fakta-fakta yang disajikan. Target khusus kegiatan PKM ini adalah guru-guru Biologi SMA di Kota Kupang yang tergabung dalam Ikatan Alumni Pendidikan Biologi sebanyak 20 orang. Metode pelaksanaan PKM berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan praktek. Pemberian materi pertama yaitu tentang pentingnya praktikum untuk meningkatkan psikomotor siswa. Selanjutnya pemberian materi kedua yaitu pelatihan pembuatan obyek biologi tentang pewarisan sifat yang dikendalikan oleh poligen dan pembuatan preparat tumbuhan, dilanjutkan praktek dan demonstrasi. PKM ini dilaksanakan selama 2 hari dan mendapat respon positif dari guru-guru.
Pembuatan Hand Sanitizer dari Daun Sirih dan Jeruk Nipis pada Masyarakat Terdampak Badai Siklon Tropis Seroja di Kelurahan Naibonat Kabupaten Kupang Nikmah .; Angela G. Lika; Thomas Lion; Sri Sumiyati; Mario J. Santrum; Abdul Majid; Juan Nge; Hengky Taek; Petra .; Rasmi .; Grace Angela; Prefin .
Jurnal Kelimutu Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/kjcs.v1i1.5533

Abstract

Kelurahan Naibonat adalah salah satu Kelurahan yang di Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang dengan jumlah penduduk mencapai 9.649 jiwa (4.990 laki-laki dan 4.659 perempuan) dengan luas wilayah 22,47 KM2. Kelurahan Naibonat merupakan salah satu daerah yang terdampak badai siklon tropis seroja kurang lebih 18 jam yang menyebabkan ratusan kepala keluarga mengalami kerusakan tempat tinggal. Berdasarkan fenomena ekstrim tersebut memicu tim Dosen dan mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Undana melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Naibonat kabupaten Kupang. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi empat tahapan utama, yaitu sosialisasi, edukasi, demontrasi, dan pembagian produk PKM yaitu hand sanitizer. Bahan alami yang digunakan dalam pembuatan hand sanitizer adalah air rebusan daun sirih dan sari jeruk nipis yang terdapat di sekitar Kabupaten Kupang sebagai antimikroba dan pelembut dalam hand sanitizer. Hasil kegiatan PKM ini adalah Produk hand sanitizer berbasis bahan alami yang terbuat dari sari rebusan daun sirih dan air perasan jeruk nipis untuk mencegah infeksi virus corona dan mikroba lainnya, yang langsung dibagikan ke masyarakat peserta PKM sejumlah 49 orang yang hadir pada akhir kegiatan dan juga mitra sasaran memiliki pengetahuan dan kesadaran serta keterampilan dalam membuat hand sanitizer sendiri dari bahan alam khususnya dari daun sirih dan air jeruk nipis di rumah masing-masing.
Pengembangan Proposal PKM bagi Mahasiswa dan Alumni Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Undana Mbing Maria Imakulata; Moses Kopong Tokan; Andam S. Ardan; Yusnaeni .; Paulus Taek; Maryanto C. Honin; Viligius Abik
Jurnal Kelimutu Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/kjcs.v1i1.5534

Abstract

Kegiatan sosialisasi dan pendampingan penyusunan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sangat penting dilakukan untuk membantu mahasiswa dan alumni meningkatkan pengetahuannya tentang PKM. Tujuan kegiatan adalah untuk membekali mahasiswa dan alumni tentang pengetahuan dan ketrampilan yang terkait PKM dan untuk mendampingi mahasiswa dan alumni dalam penyusunan proposal PKM. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu persiapan, sosialisasi, dan pendampingan. Pada kegiatan terdapat 2 kelompok peserta dimana masing-masing kelompok menghasilkan 1 draft proposal. Hasil evaluasi pemahaman peserta terhadap materi sosialisasi menunjukkan bahwa 61.36% peserta memberikan respon tepat terhadap butir pertanyaan. Hal ini menggambarkan bahwa lebih dari 60% peserta telah menguasai materi tentang PKM dan penulisan proposal PKM.
Pendampingan Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Kecamatan Nekamese Delsiana Anjel Zoghara; Shela Mandala; Abdul Syukur; Frans K. Selly
Jurnal Kelimutu Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/kjcs.v1i1.5535

Abstract

Salah satu kajian Pendidikan Luar Sekolah adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dimana pendidikan ini bertujuan untuk membimbing dan mendampingi perkembangan anak secara menyeluruh sehingga mampu tumbuh secara optimal. Pendidik di lembaga PAUD harus memperhatikan kualitas pendidikan yang dirancang agar diperoleh layanan pendidikan yang berkualitas dan akuntabel. Permasalahan yang ditemukan adalah perbedaan persepsi serta ketakutan lembaga PAUD dalam menghadapi akreditasi lembaga PAUD. Tujuan dan tolak ukur keberhasilan kegiatan ini adalah lembaga PAUD mampu memenuhi standar-standar pengelolaan PAUD dan persiapan menghadapai akreditasi serta lembaga PAUD mampu menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk kepentingan akreditasi. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah dan dilanjutkan dengan sesi diskusi lalu ditutup dengan demonstrasi mengunggah dokumen ke Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA). Indikator tersebut berhasil dicapai karena kegiatan mampu memberikan kontribusi positif bagi lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Nekamese dalam memenuhi standar-standar pengelolaan PAUD dan persiapan menghadapai akreditasi serta sekaligus menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk kepentingan kegiatan akreditasi.
Pelatihan dan Pendampingan Penyelesaian Soal-soal Matematika Tingkat Tinggi bagi Guru SD di Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur Siprianus Suban Garak; Damianus D. Samo
Jurnal Kelimutu Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/kjcs.v1i1.5536

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman kepada guru sekolah dasar tentang keterampilan berpikir tingkat tinggi, tipe soal matematika tingkat tinggi, serta strategi penyelesaian soal-soal matematika tingkat tinggi. Jumlah guru yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 56 guru sekolah dasar kelas tinggi (kelas 4 – 6). Metode kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, latihan mandiri, dan pemaparan hasil. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu 1) penyampaian materi oleh narasumber mengenai konsepsi berpikir tingkat tinggi dalam taksonomi Bloom, level soal matematika tipe berpikir tingkat tinggi, serta strategi penyelesaian soal-soal matematika tingkat tinggi; 2) latihan mandiri penyelesaian soal-soal matematika tingkat tinggi; 3) pemaparan hasil penyelesaian soal-soal matematika tingkat tinggi, dan 4) evaluasi pemahaman guru. Selama kegiatan, para guru antusias mengikuti materi, berdiskusi, dan mencoba-mencoba berbagai strategi untuk menyelesaikan soal, serta menyajikannya kepada rekan guru lainnya secara klasikal. Pengalaman ini memberikan wawasan baru bagi guru tentang keterampilan berpikir tingkat tinggi, jenis soal matematika tingkat tinggi, serta strategi pemecahannya, dengan demikian keterampilan tersebut dapat menjadi bekal yang dapat membantu guru mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk mengakses keterampilan berpikir matematika tingkat tinggi.
Bahaya Narkoba bagi Remaja dan Pelajar untuk Mencegah dan Meningkatkan Pengetahuan Santri Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Putra Aisyiyah Kupang Abdul Majid; Frans Salesman; Vinsen Belawa Making; Arman Rifat Lette
Jurnal Kelimutu Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2021): November
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/kjcs.v1i1.5610

Abstract

Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya merupakan singkatan dari NAPZA yaitu zat kimia yang apabila masuk kedalam tubuh manusia baik dengan berbagai cara, baik dihisap, dihirup, diminum atau disuntikkan dapat berpengaruh pada pikiran, emosi, dan Tindakan. Kalangan pelajar yang berada pada kelompok usia remaja memiliki emosi yang masih labil sehingga sangat rentan untuk menyalahgunakan NAPZA. Tujuan khusus dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: Untuk meningkatan pengetahuan Santri Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Putra Aisyiyah Kupang, tentang bahaya narkoba bagi remaja dan pelajar, dan Untuk mencegahan kebiasaan dan bahaya narkoba bagi remaja dan pelajar. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah penyuluhan Kesehatan. tentang bahaya narkoba bagi remaja dan pelajar. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada Sabtu, 05 Oktober 2019. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Pondok, dua orang ustadz dan santri Pesantren/Panti Asuhan Putra Aisyiyah Kupang sebanyak 36 orang. Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan terjadi peningkatan pengetahuan peserta tentang bahaya NAPZA pada remaja dan pelajar. Perlu dilakukan kegiatan yang sama di lingkungan atau di tempat-tempat yang lain atau di sekola-sekolah lain untuk meningkatkan pengetahuan dan mencegah atau mengatasi agar terhindar dari bahaya narkoba bagi remaja dan pelajar lebih dini.