Kelimutu Journal of Community Service
Vol 2 No 1 (2022): Mei

Pelatihan Kewirausahaan dalam Menangkap Peluang Usaha bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Undana Kupang

Yeheskial Nggandung (Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Jacob Abolladaka (Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Markus U.K. Yewang (Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Ari Data (Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Rolens E. H. Riwu Manu (Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
09 May 2022

Abstract

Masalah peluang kerja yang tersedia bagi lulusan perguruan tinggi tidak sebanding dengan jumlah lulusan yang dihasilkan. Selain itu lulusan perguruan tinggi termasuk lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi (PS. Ekonomi) hanya tertarik menjadi pencari kerja dan bukan pencipta kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Pekerjaan yang diincar adalah menjadi Aparat Sipil Negara (ASN), karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan jika tidak mendapatkannya akan mencari pekerjaan di sektor swasta. Hal ini disebabkan karena para sarjana kurang kreatif dan inovatif. Pelatihan kewirausahaan dan menangkap usaha merupakan suatu usaha untuk membangun jiwa wirausaha mahasiswa agar kreatif dan inovatif untuk menangkap peluang usaha yang ada guna menciptakan pekerjaan untuk dirinya sendiri dan juga untuk orang lain. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta tetap menjadikan pekerjaan sebagai ASN sebagai pilihan utama oleh karena merasa lebih terpandang dibandingkan dengan berwirusaha dan mahasiswa takut risiko kegagalan dalam berwirausaha.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kjcs

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The scope of this journal is the results of research-based community service in the field of education, such as curriculum development, learning evaluation, learning innovation, teacher professionalism development, classroom action research, various other educational topics, as well as ...