Kelimutu Journal of Community Service
Vol 2 No 1 (2022): Mei

Pendampingan Kegiatan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP dalam Mengembangkan Tanaman Kangkung Hidropnik Media Arang Sekam

Hartoyo Yudhawardana (Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Herry F. Lalus (Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Anthonius S. Hali (Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
09 May 2022

Abstract

Di era globalisasi yang semakin meluas dampaknya terhadap persaingan dunia kerja dan usaha menuntut mahasiswa masa kini untuk memiliki jiwa kewirausahaan dan juga kemampuan manajemen usaha yang baik sehingga memiliki daya saing yang tinggi untuk menghadapi perubahan zaman. Tantangan bagi dunia pendidikan di Indonesia saat ini adalah memfasilitasi pengembangan wirausaha petani muda agar menjadi pengusaha modern di masa depan. Pertanian adalah sektor yang sangat bergengsi karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat, namun kondisi saat ini pertanian masih kurang diminati oleh kalangan generasi muda karena masih adanya stigma bahwa pertanian adalah “miskin” dan belum mampu memberikan kepastian bagi kehidupan para pelakunya di masa yang akan datang. Lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang diharapkan menjadi tenaga kerja handal yang kompeten dalam bidang pendidikan ternyata belum seluruhnya mendapat tempat yang baik dalam bidang pendidikan. Pengembangan wirausaha mahasiswa dengan mengembangkan bisnis pertanian hidroponik melalui budidaya tanaman kangkung secara hidroponik dapat menjembatai mahasiswa menjadi wirausaha yang handal. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali lulusan dalam mengembangkan wirausaha.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kjcs

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The scope of this journal is the results of research-based community service in the field of education, such as curriculum development, learning evaluation, learning innovation, teacher professionalism development, classroom action research, various other educational topics, as well as ...