Kelimutu Journal of Community Service
Vol 2 No 1 (2022): Mei

Program Peningkatan Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan sebagai Sumber Belajar bagi Guru TK dan KB di Gugus Matahari

Sartika Kale (Prodi PGPAUD, Fakultas Keguaran dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Credo G. Betty (Prodi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Beatriks N. Bunga (Prodi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Vanida Mundiarti (Prodi PGPAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
09 May 2022

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini penting dilakukan untuk membantu 32 guru di Gugus Matahari, Kecamatan Alak, Kupang-NTT dalam memecahkan masalah yang dialami yaitu dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di sekolah. Masalah yang terindentifikasi berkaitan kualifikasi akademik guru yang tidak semuanya S1, minimnya akses guru untuk mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi guru, dan kurangnya sarana prasarana untuk pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, eksperimen dan resitasi. Hasil yang didapat yaitu terlaksananya program ini dengan baik, dan guru dapat mengaplikasikan ide lingkungan sebagai sumber belajar bagi anak dengan menyusun RPP dan mempraktikannya dalam proses pembelajaran serta mengadakan evaluasi. Manfaat yang dirasakan oleh guru adalah pembelajaran berlangsung dengan efektif dan menyenangkan bagi anak, anak dan guru menjadi lebih kreatif, anak dapat berpikir kritis, anak memahami konsep pembelajaran secara langsung dan sederhana serta meminimalisir pengeluaran dana untuk pembelian APE dan media dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kjcs

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The scope of this journal is the results of research-based community service in the field of education, such as curriculum development, learning evaluation, learning innovation, teacher professionalism development, classroom action research, various other educational topics, as well as ...