Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023): SEPTEMBER 2023

Penerapan Pendampingan Individu terhadap Literasi Baca dan Tulis Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Ade Irma (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Ramdhan Witarsa (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Masrul Masrul (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Masih terdapat siswa kelas 2 sekolah dasar yang belum lancar membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan memberikan perlakuan terhadap siswa kelas 2 ini untuk mengukur berapa besar pengaruh pendampingan individu terhadap literasi baca dan tulis siswa. Kuasi eksperimen diadopsi pada penelitian ini. Populasi berjumlah 83 siswa, sementara sampel yang digunakan siswa kelas 2 berjumlah 12 siswa. Pendampingan individu berpengaruh signifikan terhadap literasi baca dan tulis siswa kelas 2 sekolah dasar negeri 5 Bengkalis. Literasi baca dan tulis merupakan salah satu literasi dasar yang harus dikuasai siswa dan harus benar-benar dimatangkan pada siswa kelas rendah. Pendampingan individu harus sering dilakukan guru kelas rendah agar dapat memantau kemajuan literasi baca dan tulis siswa. Lingkungan belajar guru melakukan pendampingan individu tidak harus kaku di ruang kelas, namun bisa di luar kelas. Perhatikan mood siswa saat pembelajaran akan dimulai. Peneliti berikutnya bisa melanjutkan penelitian mengenai literasi dasar lainnya yang harus dikuasai siswa kelas rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...