Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 4 (2023): April 2023

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Perangkat Bergerak Lelang Aset Online menggunakan Metode User Centered Design (UCD) dan Metode Think Aloud (Studi Kasus: PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Regional Office Malang)

Hafizh Daffa Septianto (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Agi Putra Kharisma (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)
Dwija Wisnu Brata (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Bank BRI Regional Office Malang berfokus pada keuangan dan menyediakan peminjaman kepada nasabahnya dengan syarat sebuah agunan. Agunan akan dilelang jika pinjaman tidak dibayarkan. Kantor pusat Bank BRI memiliki aplikasi penyedia informasi pelelangan aset agunan. Namun, penggunaan aplikasi masih memiliki beberapa kekurangan seperti, detail aset kurang spesifik, kurangnya pengenalan jenis pelelangan, tidak terdapat proses pendaftaran lelang, dan jadwal pelelangan sulit ditemukan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan perancangan pengalaman pengguna aplikasi pelelangan aset online menggunakan metode user centered design. Hasil akhir dari perancangan ini berupa prototype aplikasi dalam bentuk mockup. Untuk validasi, dilakukan pengujian think aloud terhadap prototype. Hasil evaluasi yang dilakukan bersama 14 responden menemukan 24 permasalahan dan 24 rekomendasi perbaikan yang dirancang menjadi desain perbaikan. Desain perbaikan kembali dievaluasi bersama responden dan dinyatakan desain perbaikan berhasil menyelesaikan permasalahan. Lalu dilakukan pengujian usability dan user experience questionnaire (UEQ). Pengujian usability menghasilkan nilai aspek efektivitas sebesar 100%, aspek efisiensi 0,131 goals/second, dan aspek kepuasan 91,6 yang masuk ke kategori acceptable dengan grade A dan peringkat excellent. Pada UEQ diperoleh nilai skala daya tarik sebesar 2,19, skala kejelasan 2,14, skala efisiensi 2,07, skala ketepatan 2,00, skala stimulasi 2,04, dan skala kebaruan 2,11 dengan nilai semua aspek excellent.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-ptiik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian ...