EduChem
Vol 1, No 2 (2020): AGUSTUS 2020

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

Apriyani Apriyani (Unknown)
Masriani Masriani (Unknown)
Husna Amalya Melati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kelayakan Lembar Pelajar Berdasarkan Proyek (LKPD) pada topik Solusi Elektrolit dan Non-Elektrolit yang dikembangkan berdasarkan hasil penelitian ahli dan penghargaan siswa pada uji coba lapangan. Penelitian dan Pengembangan (R&D) dari Borg dan Gall diadopsi dalam proyek ini. Subjek penelitian ini adalah LKPD berbasis proyek yang diujicobakan kepada 15 siswa dan 34 siswa dalam uji coba awal dan uji coba utama, semuanya berada di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah kuesioner tentang kelayakan dan respons kuesioner siswa. Berdasarkan analisis data, LKPD yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dalam hal persentase konten, presentasi, bahasa dan grafik dengan 94,4%;97,8%; 86; dan 83. Masing-masing 9%. Hasil kuesioner tanggapan siswa dalam uji coba lapangan awal adalah 81,7% dan dalam uji coba lapangan utama adalah 82,6%. Hasil ini menunjukkan bahwa respons siswa terhadap topik LKPD Berbasis Proyek dikategorikan sangat tinggi yang berarti bahwa LKPD yang dikembangkan dapat digunakan untuk membantu siswa belajar tentang Solusi Elektrolit dan Non-Elektrolit.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EduChem

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

EduChem mulai terbit pada tahun 2020 bulan Februari, jurnal ilmiah ini menerima artikel yang belum dipublikasikan dijurnal manapun serta mencakup artikel-artikel yang berkualitas yang berkaitan dengan kemajuan dalam ilmu dan teknologi kimia serta pendidikan kimia. Educhem dengan ISSN 2775-4758 ...