Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)

Analisis Saluran Pemasaran Ikan Cakalang (Katsuwonus Pelamis) Di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka

Ita Purnama Sari (Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Hasbiadi Hasbiadi (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Nursalam (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2023

Abstract

Salah satu daerah penghasil ikan cakalang (katsuwonus pelamis) yang ada di Kabupaten Kolaka terletak di Kecamatan Tanggetada. Permasalahan yang dihadapi oleh sebagian besar nelayan Di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka adalah semakin banyak lembaga pemasaran maka harga yang diterima para nelayan menjadi rendah sedangkan para konsumen harus membayar dengan harga yang cukup mahal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran ikan cakalang dan margin pemasaran ikan cakalang di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka, dimulai dari bulan Oktober sampai November 2022. Responden dalam penelitian ini adalah nelayan, pedagang pengecer, dan konsumen yang berada di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka. Metode yang digunakan yaitu  metode studi kasus (case study) nelayan sebanyak 14 orang, pedagang pengecer 13 orang, dan konsumen 30 orang. Metode penarikan sampel dilakukan dengan metode sensus, karena yang menjadi sampel adalah seluruh jumlah dari populasi. Hasil penelitian diperoleh (1) Saluran pemasaran ikan cakalang Di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka terdapat 3 pola yaitu saluran tingkat nol, saluran tingkat I dan saluran tingkat II. (2) Margin pemasaran pada saluran tingkat I pada pengecer yang mengambil langsung pada nelayan sebesar Rp.7.000/Kg dengan biaya pemasaran sebesar Rp.390/Kg, saluran tingkat II pada pengepul sebesar Rp.2.000/Kg dengan biaya pemasaran sebesar Rp.800/Kg, sedangkan pengecer yang mengambil pada pedagang pengepul sebesar Rp.5.000/Kg dengan biaya pemasaran sebesar Rp.151/kg. (3) Efisiensi saluran pemasaran pada saluran tingkat nol sebesar Rp.131/kg dengan tingkat efisien 0,73% < 5%, saluran pemasaran tingkat I sebesar Rp.390/kg dengan tingkat efisien 1,6% < 5% dan biaya pemasaran pada saluran tingkat II sebesar Rp.951/Kg dengan tingkat efisien 3,8% < 5% dalam hal ini biaya pemasaran pada saluran tingkat II lebih besar dari pada  biaya pemasaran tingkat I dan tingkat nol. Hal ini di karenakan semakin panjang saluran pemasaran, maka semakin besar biaya pemasaran pada saluran pemasaran dan semakin tidak efisienlah saluran pemasaran tersebut. (4) Nilai Farmer’s share pada saluran tingkat I dengan pedagang  pengecer Ikan  Cakalang  sebesar 72% dan nilai Farmer’s  share pada saluran tingkat II dengan pedagang pengepul sebesar 90% sedangkan nilai Farmer’s share saluran tingkat II  dengan  pedagang  pengecer sebesar 80%.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurbisman

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, Manajemen Strategi dan Kewirausahaan. Jurnal ...